Semangat Tirtawatch Eksplorasi dan Lestarikan Ikan Air Tawar Banten

Activity, Animal
Semangat Tirtawatch Eksplorasi dan Lestarikan Ikan Air Tawar Banten
21 November 2023
285

 

Berawal dari pengetahuan yang dimiliki dan keperdulian terhadap satwa yang ada di Banten, sekelompok mahasiswa Univeristas Sultan Ageng Tirtayasa yang tergabung dalam Tirtawatch melakukan kegiatan eksplorasi dan pelestarian ikan asli air tawar di Banten. Kegiatan ini dilakukan dengan dukungan pendanaan sponsorhip program BW KEHATI di Termin I 2023.

 

Kegiatan ini diberi nama “Penelitian Awal Etno-Iktiological Sebagai Dasar Konservasi In-Situ dan Ex-Situ Spesies Ikan Asli Air Tawar di Pulau Jawa Bagian Barat (Banten)”

Lokasi:

Desa Kalumpang, Kecamatan Padarincang, Serang, Banten, kemudian dilanjutkan di Desa Mekarsari, Kecamatan Cihara, Lebak-Banten melalui pendanaan CSR Telkom Yasasan Konservasi Bandung

 

Kegiatan eksplorasi dan penelitian dilakukan di daerah yang kurang mendapatkan perhatian dari Masyarakat. Tirtawatch ingin melakukan pendataan hubungan ikan ikan air tawar dan dengan masyarakat sekitar daerah aliran sungai atau perairan tawar.

 

Data awal ikan air tawar di sungai yang menjadi obyek penelitian kemudian dilakukan pengambilan dokumentasi di lokasi penelitian. Dari hasil yang didapatkan tim melakukan pencatatan nama dan asal sebaran, pencarian nama lokal serta tingkat pemanfaatan oleh Masyarakat. Data penelitian digabungkan dengan data hasil kuisioner untuk pembuatan laporan ilmiah

 

Dari hasil penelitian, Tirtawatch berencana akan mengambil salah satu organisme akuatik disana untuk dijadikan sampel penelitian pematangan gonad induk ikan paray (rasbora aprotaenia) menggunakan hormon pregnant mare serum gonadotropin (pmsg) dalam pakan.

 

“Kami berharap ikan air tawar baik ikan konsumsi maupun ikan hias yang ada di Indonesia khususnya di Banten semakin diperhatikan sehingga bisa terus Lestari.”

---Ketua Tirtawatch, Saprudin---

 

 

About Author
Biodiversity Warriors
Yayasan Kehati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2024-01-29
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *