Saga telik | Abrus precatorius L.

Flora
Saga telik | Abrus precatorius L.
27 Juni 2015
4984

Saga | Abrus precatorius L.

 

 

Klasifikasi Tanaman Saga | Abrus precatorius L.
     
Kingdom: Plantae
            Kelas: Magnoliopsida
                   Ordo: Fabales
                         Famili: Fabaceae
                             Genus: Abrus
                                 Spesies: Abrus precatorius L.

 

Tanaman Saga (Abrus precatorius) memiliki nama berbeda-beda di setiap daerah, Saga (Indonesia), Saga telik/manis (Jawa), Thaga (Aceh); Saga areuy, saga leutik (Sunda), Walipopo (Gorontalo); Piling-piling (Bali), Seugeu (Gayo), Ailalu pacar (Ambon); Saga buncik, Saga ketek (Minangkabau), Kaca (Bugis). Rosary pea, black-eyed susan, crab’s eyes, indian licorice (Inggris).

Saga termasuk jenis tumbuhan perdu, Biji Saga mengandung zat racun yang disebut abrin, sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk pembibitan. Sedang bunganya berwarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, dalam dukungan tandan bunga.

Daun saga yang berasa manis berkhasiat atasi sariawan. Namun, awas, jangan sampai bijinya yang beracun tertelan karena bisa menyebabkan kematian. Dahulu biji saga dipakai sebagai penimbang emas karena beratnya yang selalu konstan. Daunnya dapat dimakan dan mengandung alkaloid yang berkhasiat bagi penyembuhan reumatik. Tumbuhan ini banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan, ladang-ladang atau sengaja dipelihara di pekarangan. Tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Berikut ini adalah kandungan kimia dari tanaman saga, daun maupun akar mengandung protein, vitamin A,B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan. daun, batang dan biji : saponin dan flavonoid. Batang : polifenol. Biji : tannin. Akar : alkaloid, saponin dan polifenol.

Banyak khasiat lain bisa diperoleh dari tumbuhan itu, antara lain berkhasiat sebagai pereda batuk pada bayi. Daun saga juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tidak rewel. Khasiat daun saga untuk batuk adalah sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk kering, Tanaman itu juga mempunyai efektivitas ekspektoran yang memacu sekresi mukrosa dari trakea, Kandungan senyawanya mampu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan gatal. Daun saga mempunyai kandungan glycyrrhicic acid yang memiliki sifat menyejukkan kulit dan selaput lendir pada tenggorokan.

 
  1. Saga untuk mengobati Amandel
    Bahan: akar saga secukupnya, 1 potong kayu manis dan gula batu secukupnya.
    Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal separuhnya. Disaring dan diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.
  2. Saga untuk mengobati Radang Mata
    Bahan: 1 genggam daun saga.
    Cara membuat: daun saga digiling halus, kemudian direbus dengan 2 gelas air untuk diambil uapnya. Uap air daun saga tersebut dipakai untuk obat tetes mata.
  3. Saga untuk mengobati Sariawan
    Bahan: daun saga secukupnya.
    Cara Membuat: daun saga yang masih baru dipetik dijemur beberapa menit agar agak layu. Kemudian daun diikunyah-kunyah sampai halus sambil untuk kumur, namun jangan sampai ditelan
  4. Saga sebagai Penyehat rambut
    Daun dan biji saga yang dibuat pasta bisa digunakan untuk menyehatkan rambut. Caranya dengan mengoleskan pasta itu ke kepala, biarkan satu jam, kemudian keramas.
  5. Saga untuk mengobati Radang tenggorokan
    Ambil 4 gram daun saga kering atau 7 gram daun segar, cuci bersih, rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Setelah agak dingin, saring, lalu minum airnya. Tambahkan air jeruk nipis atau madu jika suka.
  6. Saga untuk Jantung
    Gunakan 8 gram daun saga manis dan 10 gram daun sembung. Tambahkan 5 gram kencur, lalu rebus dengan 400 ml air. Kemudian minum air rebusan itu.
  7. Saga untuk Hipertensi
    Ambil beberapa genggam daun saga, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, dan daun kejibeling. Rebus dengan empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Setelah itu saring dan minum. Ulangi hingga sembuh.
  8. Saga untuk mengobati Panas Dalam
    Caranya ambil daun saga kira-kira 15 tangkai daun saga kemudian cuci daun saga hingga bersih selanjutnya rebuslah daun saga dengan menggunakan air 2 gelas hingga mendidih sisakan air rebusan daun saga ½ gelas dinginkan dan saring minumlah rebusan daun saga satu kali sehari.
  9. Saga untuk mengobati Obat Batuk Kering
    Caranya ambil daun saga secukupnya cuci hingga bersih tambahkan daun asam,kayu manis selanjutnya rebus daun saga dengan 2 gelas air hingga mendidih sisakan ½ gelas kemudian dinginkan dan saring rebusan daun saga minumlah sehari 2 kali dengan komposisi ½ gelas.
  10. Saga untuk mengobati Bronkitis
    Caranya ambil daun saga kira-kira 15 lembar yang masih segar atau baru saja metik dari pohonnya cuci hingga bersih selanjutnya daun saga yang sudah di persiapkan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sisakan 1 gelas setelah dingin kemudian anda saring dan minumlah satu hari satu kali.

 

CATATAN PENTING : Biji dari tanaman Saga | Abrus precatorius ini memiliki toksik (Racun) yang berbahaya dan sudah banyak peneltian yang menjelaskan hal ini.  Jangan pernah mendekatkan atau bahkan biji sampai tertelan kerena menyebabkan kematian.

 

Sumber :

  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4025349/
  • http://www.inchem.org/documents/pims/plant/abruspre.htm
  • Narendra Garaniyaand Atul Bapodra. 2014. Ethno botanical and Phytophrmacological potential of Abrus precatorius L.: A review. Asian Pac J Trop Biomed. 2014 May; 4(Suppl 1): S27–S34. 
  • http://www.tropilab.com/paternosterbean.html
  • http://www.plantzafrica.com/plantab/abrusprecafri.htm
  • http://www.ars-grin.gov/cgi-bin/npgs/html/taxon.pl?739
 
Tentang Penulis
Arif Rudiyanto
Yayasan Kanopi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-07-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *