Rusa Bawean

Artikel
Rusa Bawean
Satwa
1543
29 Desember 2014
Universitas Sumatera Utara
Penulis
David Pasaribu
171
posting

Rusa Bawean merupakan jenis rusa yang pada saat ini hanya bisa di jumpai di Pulau Bawean yang ada di tengah Laut Jawa.Rusa Bawean memiliki tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan Rusa jenis lainnya. Rusa Bawean (Axis kuhlii) mempunyai tinggi tubuh antara 60-70 cm dan panjang tubuh antara 105-115 cm. Rusa endemik Pulau Bawean ini mempunyai bobot antara 15-25 kg untuk rusa betina dan 19-30 kg untuk rusa jantan.

Rusa Bawean merupakan nokturnal, lebih sering aktif di sepanjang malam. Dan mempunyai habitat di semak-semak pada hutan sekunder yang berada pada ketinggian hingga 500 mdpl. Mereka sangat hati-hati, dan muncul untuk menghindari kontak dengan orang-orang; di mana aktivitas manusia berat, rusa menghabiskan hari di hutan di lereng-lereng curam yang tidak dapat diakses oleh penebang kayu jati.

Rusa Bawean (Axis kuhlii) mempunyai masa kehamilan antara 225-230 hari dan melahirkan satu anak tunggal (jarang terjadi kelahiran kembar).

Kerajaan: Animalia;

Filum: Chordata;

Kelas: Mammalia;

Ordo:Artiodactyla;

Upaordo: Ruminantia;

Famili: Cervidae;

Upafamili: Cervinae;

Genus: Axis;

 

Sahabat Warriors ,di habitat aslinya, Rusa Bawean semakin terancam kepunahan

.

Semakin langka dan berkurangnya populasi Rusa Bawean (Axis kuhlii) dikarenakan berkurangnya habitat Rusa Bawean yang semula hutan alami berubah menjadi hutan jati yang memiliki sedikit semak-semak. Ini berakibat pada berkurangnya sumber makanan.

 

Salam Rimba 

David Pasaribu ūüôā

 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *