Rusa Bawean

Artikel
Rusa Bawean
Satwa
3794
19 Juni 2015
Penulis
Agus Sumardika
111
posting

Rusa Bawean (Axis kuhlii) merupakan hewan endemik yang berasal dari Pulau Bawean. Pulau Bawean sendiri letaknya di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Jenis rusa ini merupakan rusa yang populasinya semakin langka dan terancam kepunahan. Rusa Bawean memiliki tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan rusa jenis lainnya. Rusa Bawean  mempunyai tinggi tubuh antara 60-70 cm dan panjang tubuh antara 105-115 cm. Rusa ini mempunyai bobot antara 15-25 kg untuk rusa betina dan 19-30 kg untuk rusa jantan. Selain itu, ciri lain dari rusa ini adalah memiliki ekor sepanjang 20 cm yang berwarna coklat dan keputihan pada lipatan ekor bagian dalam. Rusa ini mempunyai kecepatan berlari yang sangat cepat dan cerdik.

Gambar. Rusa Bawean (Axis kuhlii) (ww.bawean.net)

Rusa Bawean merupakan hewan yang nokturnal, lebih sering aktif di sepanjang malam. Menyukai habitat di semak-semak pada hutan sekunder yang berada pada ketinggian hingga 500 mdpl. Mereka sangat menghindari kontak dengan orang-orang. Pada habitat aslinya, Rusa Bawean semakin terancam kepunahan. Pada akhir 2008, peneliti LIPI menyebutkan jumlah populasi Rusa Bawean yang berkisar 400-600 ekor.  IUCN mengatakan hewan endemik yang mulai langka ini diperkirakan berjumlah sekitar 250-300 ekor yang tersisa di habitat asli. Semakin langka dan berkurangnya populasi Rusa Bawean dikarenakan berkurangnya habitat Rusa Bawean yang semula hutan alami berubah menjadi hutan jati yang memiliki sedikit semak-semak. Ini berakibat pada berkurangnya sumber makanan. 

Oleh karena itu rusa ini dikategorikan oleh IUCN Red List sebagai hewan yang kritis atau CR (Critiscally Endangered) dan CITES juga mengkategorikan hewan ini pada kategori Appendix I. Penurunan jumlah populasi ini mendorong berbagai usaha konservasi diantaranya pembentukan Suaka Margasatwa Pulau Bawean seluas 3.831,6 ha sejak tahun 1979. Selain itu untuk menghindari kepunahan sejak tahun 2000 telah diupayakan suatu usaha penangkaran Rusa Bawean.

Klasifikasi ilmiah : 

Kerajaan : Animalia

Filum       : Chordata

Kelas       : Mammalia

Ordo        : Artiodactyla

Famili       : Cervidae

Genus      : Axis

Spesies     : Axis kuhlii

 

Source : www.bawean.net

             ww.iucnredlist.org

Foto : www.bawean.net

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *