rumput laut

Flora
rumput laut
2 Mei 2016
2321

Caulerpa merupakan salah satu genus alga yang dapat diidentifikasi berdasarkan bentuk pertumbuhan dan morfologinya. Semua spesies dan sub-spesies caulerpa hidup di laut, tetapi ada juga yang dapat hidup di laguna. salah satu jenis rumput laut hijau yang tumbuh secara alami di perairan Indonesia, bersifat edible atau dapat dikonsumsi oleh masyarakat sebagai sayuran segar atau lalapan (makanan kesehatan).

Pada umumnya Caulerpa tumbuh di laut dangkal dan di aliran air yang tenang. Ordo Caulerpa mempunyai kurang lebih 60 jenis. distribusi Caulerpa secara luas tersebar di pantai daerah tropik sampai subtropik dengan keanekaragaman paling besar adalah di daerah tropik. Pada kawasan timur Indonesia, Caulerpa racemosa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Kelompok makroalga Caulerpa meskipun demikian belum pernah dibudidayakan untuk keperluan komersial. Dalam protoplar Caulerpa mengandung bahan yang bersifat bioaktif seperti caulerpin, asam palmitat, sisterol dan triterpen taraxerol dan memiliki manfaat kesehatan sebagai antibakteri dan antioksidan sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.  

(sumber : Galeri pribadi)

Kingdom : Plantae

Division : Chlorophyta

Class : Bryopsidophyceae

Order : Bryopsidales

Family : Caulerpaceae

Genus : Caulerpa

Species : Caulerpa racemosa.

Sumber :

Fithriani D, 2008, Potensi Antioksidan Caulerpa racemosa Di Perairan Teluk Hurun Lampung, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Lisiard D, Tien N dan Yenusi  B, 2011, Uji Aktivitas Antibakteri dan Antioksidan Ekstrak Pigmen Klorofil Rumput Laut Caulerpa racemosa (Forsskal) J.Agardh, Jurnal Biologi Papua, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Cenderawasih, Papua.

Murni Saptasari, 2010, Variasi Ciri Morfologi Dan Potensi Makroalga Jenis Caulerpa Di Pantai Kondang Merak Kabupaten Malang, El-Hayah Vol. 1, No.2. Malang.  

Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *