Rimbang atau Terong pipit

Flora
Rimbang atau Terong pipit
13 Juni 2015
4278
     
    Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu. 
Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Batak Toba, Minangkabau) dan tekokak.
    Takokak adalah tumbuhan semak kecil, yang tingginya dapat mencapai 5 m. Namun biasanya, kurang dari 2 m. Hampir semua bagian tumbuhan ini berduri, kecuali hanya buah yang ditutupi rambut.daunnya bulat telur dengan pangkal seperti jantung atau membulat, dengan ujung yang tumpul. Panjang daun 7-20 cm dan lebarnya 4-18 cm. Tangkai  pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih, yang ditengahnya kuning. Buahnya berjenis buah buni, kecil, dan banyak
    

   persaudaraansejati.blogspot.com/.../tanaman-leunca-te...
     Pohon takokak dikenal tahan penyakit yang menyerang batang dan biasa dijadikan batang bawah untuk terung, meskipun praktik ini hanya dipakai bagi pertanaman di pekarangan.
Buahnya bisa dimakan, baik yang muda maupun yang tua. Orang mandailing tapanuli biasanya menggunakan rimbang sebagai campuran sayur daun ubi tumbuk (daun singkong tumbuk), penggunaan buah takokak umum di dalam masakan sunda, dan diperlakukan seperti ranti (leunca), yaitu dijadikan lalap atau dimasak sayur. Di Thailand, buah takokak muda menjadi bagian dari kari sayur  yang populer. Orang Laos dan Kamboja juga memanfaatkan buahnya.
 
15manfaat.blogspot.com › Buah › Kesehatan › Sayur
persaudaraansejati.blogspot.com/.../tanaman-leunca-te...
Tentang Penulis
eral jantua gurning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-03-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *