putri malu

Flora
putri malu
18 Juli 2014
2125

Putri malu atau dalam bahasa latin disebut Mimosa pudica adalah sejenis tanaman perdu pendek asih termasuk dalam anggota suku polong-polongan yang sangat mudah dikenali dengan perilaku unik daun-daunnya yang bisa merespon secara cepat yaitu layu/menutup  saat disentuh. Walaupun jenis anggota dalam suku polong-polongan dapat merespon dengan cara yang sama, akan tetapi putri malu mampu bereaksi lebih cepat daripada jenis yang lain. Respon menutup atau layu tersebut hanya bersifat sementara dan akan kembali seperti semula setelah beberapa menit kemudian. Tanaman yang unik ini ternyata juga mempunyai manfaat dan khasiat seunik tanaman itu sendiri. Apa saja manfaat dan khasiatnya simak saja yuk di Manfaat dan Khasiat Tanaman Putri malu bagi kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Obat InsomniaCara membuatnya :v  Rebuslah 30-60 gram daun tanaman putri malu hingga mendidih dan minumlah airnya.v  Dengan mencampurkan sebanyak 15 gram daun tanaman putri malu dengan 15 gram daun sawi langit serta 30 gram daun calincing yang selanjutnya direbus hingga mendidih dan minumlah air hasil rebusannya.

2. Sebagai Obat Bronkitis KronisCara membuatnya :v  Campurkan 600 ml air dengan 60 gram akar tanaman putri malu kemudian direbus dengan api yang kecil, biarkan hingga air hanya tersisa kira-kira 200 ml saja. Bagilah 2 air hasil rebusan untuk 2 kali minum  Campurkan 30 gram daun tanaman putri malu, 10 gram akar tanaman peristrophe roxburghiana. Rebuslah dalam satu wadah, dan bagi 2 hasil rebusan untuk 2 kali minum.

3. Obat Batuk Berdahakv  10 hingga 15 gram direbus dan diminum air hasil rebusannya.

4. Obat Ascariasisv  15 hingga 30 gram daun tanaman putri malu direbus dan minum hasil rebusannya.

5. Sebagai Obat Rheumatikv  Siapkan 15 gram akar tanaman putri malu lalu direndam ke dalam 500 ml arak putih dalam waktu 2 minggu, cara pemakaiannya adalah dengan menempelkan ke bagian yang sakit.

6. Manfaat penting lainnya dari tanaman putri malu adalah :v  Mampu mengatasi penyakit malariav  Akar dan biji tanaman putri malu mampu merangsang muntah, mengobati radang mata yang sudah akut, mengobati kencing batu, menurunkan panas demam tinggi pada anak-anak serta sebagai obat manjur penyakit herpes

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *