Pusat rehabilitasi elang di Kepulauan Seribu

Artikel
Pusat rehabilitasi elang di Kepulauan Seribu
Satwa
1425
7 Juli 2014
Penulis
Putri Diana
72
posting

Indahnya panorama Indonesia, memiliki keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang luar biasa eksotisnya. Akan tetapi, kini biodiversitas tersebut mulai terancam keberadaannya karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Dilain sisi banyak juga yang mulai sadar untuk kembali melestarikan keindahan biodiversitas Indonesia, salah satunya adalah pusat rehabilitasi elang yang terdapat di Pulau Kotok besar.

Pulau kotok besar, merupakan salah satu pulau yang terdapat di kepulauan seribu, Indonesia. Di pulau ini kita dapat melihat elang yang disita dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. terdapat dua jenis elang yang direhabilitasi di pulau kotok besar, yaitu elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster) dan elang bondol (Haliastur indus).

Dalam pengelolaannya, rehabilitasi elang dibantu oleh salah satu LSM yaitu, JAAN (Jakarta Animal Aid Network). Elang-elang tersebut direhabilitasi agar dapat dilepas liarkan kembali di alam liar. Biasanya elang akan ditempatkan kedalam beberapa kandang khusus, mulai dari kandang pada saat awal elang diterima, dicek kesehatan, sampai kandang yang memasangkan beberapa elang hingga siap dilepas liarkan.

kandang sanctuary elang bondol

Rehabilitasi elang tidak semudah yang kita bayangkan, karena dalam proses rehabilitasi tidak semua elang tersebut dapat dilepas liarkan kembali. Kondisi sayap beberapa elang tersebut mungkin  sudah ada yang sudah rusak ataupun patah, sehingga tidak dapat terbang jauh. Selain itu, beberapa elang hasil sitaan yang direhabilitasi memiliki kebiasaan yang berbeda karena lebih sering dirawat di rumah hingga tidak memiiki insting alami untuk bertahan hidup di alam liar. 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *