PUNAI (burung mirip merpati )

Artikel
PUNAI (burung mirip merpati )
Satwa
7231
25 Desember 2014
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Burung ini mudah dikenal karena bentuknya seperti merpati, akan tetapi sedikit lebih besar. Yang betina berwarna hijau keseluruhannya. Yang jantan hijau dengan kepala kelabu, Leher kelabu keunguan dan dada kuning jingga keabuan, serta lebih besar daripada yang betina.

Hidupnya dalam sarangan yang dibuat di pohon pada ketinggian 3 sampai 4 meter di atas tanah, di dekat perkampungan desa, di dataran rendah, di bawah 1000m dpl. MEreka suka berkelompok sampai 5 atau 6 ekor. tetapi kadang-kadang juga dapat sampai beratus-ratus ekor, hingga dapat bertindak sebagai serangan hama. Di Indonesia burung ini tersebar di Sumatera , Jawa, Bali, Kalimantan , Lombok, Sumbawa dan Sulawesi.

 

 

 

Makanannya berupabiji-bijian dan buahbuni yang kecil-kecil. Anaknya diberi makan ulat kupu-kupu.
Potensinya sebagai sumber protein cukup baik karena dagingnya sudah dimanfaatkan oleh beberapa suku di Indonesia . Tiap ekor dapat menghasilkan 150-200 gram daging. Burung ini pada saat ini didapat hanya dengan memburunya langsung dari alam.

Pembudidayaan burung ini belum pernah dilakukan. Apabila akan dilakukan usaha ini masih memerlukan pengetahuan mengenai [peri kehidupannya.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *