Primary Biliary Cirrhosis, Penyakit Rusaknya Saluran Empedu dalam Hati

Primary Biliary Cirrhosis, Penyakit Rusaknya Saluran Empedu dalam Hati
7 Januari 2015
3493

Deskripsi 

Primary biliary cirrhosis (PBC) adalah penyakit di mana saluran empedu dalam hati hancur secara perlahan. Empedu, cairan yang diproduksi dalam hati berperan dalam mencerna makanan dan membantu membersihkan tubuh dari sel darah merah yang telah usang, kolesterol dan racun.

Ketika saluran empedu rusak, seperti karena primary biliary cirrhosis, zat berbahaya akan terbentuk dalam hati dan kadang-kadang menimbulkan jaringan parut ireversibel pada jaringan hati (sirosis). Primary biliary cirrhosis dianggap suatu penyakit autoimun dimana tubuh berbalik melawan sel sendiri, tetapi apa yang memicu primary biliary cirrhosis belum jelas.

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan primary biliary cirrhosis. Banyak ahli menganggap primary biliary cirrhosis suatu penyakit autoimun dimana tubuh berbalik melawan sel sendiri.

Gejala

Meskipun beberapa orang dengan PBC tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun setelah didiagnosis, yang lain mengalami sejumlah tanda dan gejala, seperti:

1. Kelelahan
2. Kulit gatal
3. Nyeri di bagian kanan atas perut
4. Mata kering
5. Mulut kering
6. Menguningnya kulit dan mata (jaundice)
7. Penggelapan kulit yang tidak berhubungan dengan paparan sinar matahari
8. Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
9. Akumulasi cairan di perut (ascites)
10. Menumpuknya lemak pada kulit di sekitar mata, kelopak mata, atau di lipatan di telapak tangan, telapak, siku atau lutut (xanthomas)
11. Diare yang dapat berminyak

Pengobatan 

Karena tidak ada obat untuk primary biliary cirrhosis, pengobatan berfokus pada memperlambat perkembangan penyakit, mengurangi gejala dan mencegah komplikasi. Pengobatan ditujukan untuk memperlambat penyakit dan memperpanjang hidup meliputi:

1. Ursodeoxycholic acid (UDCA)
Juga dikenal sebagai ursodiol (Actigall, Urso), UDCA adalah suatu asam empedu yang membantu memindahkan empedu melalui hati. Meskipun UDCA tidak menyembuhkan primary biliary cirrhosis, mungkin memperpanjang hidup jika dimulai pada awal penyakit dan umumnya dianggap sebagai lini pertama terapi. Efek samping dari UDCA mungkin termasuk penambahan berat badan, rambut rontok dan diare.

2. Transplantasi hati
Ketika perawatan untuk PBC dan hati mulai gagal, transplantasi hati dapat membantu memperpanjang hidup. Sebuah transplantasi hati adalah prosedur untuk menghilangkan organ hati yang rusak dan menggantinya dengan hati yang sehat dari donor.

Hati yang paling sering disumbangkan berasal dari orang-orang yang telah meninggal. Namun dalam beberapa kasus, dimungkinkan untuk menghapus sebagian hati dari donor hidup. Primary biliary cirrhosis sering berulang pada transplantasi liver, tapi mungkin diperlukan waktu beberapa tahun untuk berkembang.

Sumber: MayoClinic dan http://health.detik.com/readpenyakit/1178/primary-biliary-cirrhosis?mode_op=pengobatan

Tentang Penulis
Nadia Putri Rachma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2016-03-04
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *