Pohon Randu dengan berbagai manfaat

Artikel
Pohon Randu dengan berbagai manfaat
Flora
1843
17 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

Sering kita lihat di pekarangan penduduk terdapat pohon gede dan menjulang ke angkasa pohon itu memilki berbagai manfaat  selain dapat menjadi bahan pembuatan kasur mawupun bantal yaitu sebagai kapas.

Klasifikasi ilmiah tumbuhan randu (Ceiba pentandra L.) :

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Subdivisi         : Spermatophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo                : Malvales            

Famili              : Malvaceae                            

Genus              : Ceiba            

Spesies            : Ceiba pentandra L.

 

  1.  Sebagai obat herbal penghilang bekas luka  :  Ambil dan randu dan air hangat secukupnya, bersikan bekas luka dengan air hangat setelah bersih lalu gosok-gosok bekas luka dengan daun randu sampai berulang-ulang kali, setelah itu bersikan dengan sabun.
  2. Sebagai obat herbal panas dalam :   Ambil 5 helai daun randu, 600 cc air matang dingin dan gula aren secukupnya. Masukkan daun randu kedalam air kemudian remas-remas tambahkan gula aren secukupnya, aduk rata. Minum 3 x sehari sampai sembuh.
  3. Sebagai herbal  penyubur rambut :   Ambil 15 helai daun randu, rebus dengan air bersih sampai mendidih, dinginkan. Basahi rambut dengan air rebusan daun randu tersebut sambil dipijat-pijat diamkan selama kurang lebih 1/2 jam, kemudian bilas dengan sampo seperti biasa keramas, lakukan 2 x dalam seminggu.
  4. dan yang selanjut nya sebagai obat pengurang rasa sakit tariknya kulit yaitu dengan cara tumbuk dan campur  daun randu dengan sedikit air lalu taruh diatas bisul atau tempat yang sakit tadi.
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *