Pernis ptilorhynchus

Satwa
Pernis ptilorhynchus
19 Juli 2014
1938

Sikep madu asia di kenal juga dengan Oriental Honey Buzzard

Secara taksonomi sikep madu lebih dekat dengan layang-layang. Ia berleher panjang dengan kepala kecil (menyerupai merpati), dan rentang sayapnya datar. Dari penampilannya, sikep madu tidak terlihat seperti binatang pemburu.  Ia punya ekor panjang dan puncak kepala pendek.

Yang luar biasa untuk burung besar pemangsa, jenis kelamin sikep madu dapat dibedakan. Sikep jantan punya kepala biru keabu-abuan. Kepala betina berwarna cokelat. Sikep betina sedikit lebih besar dan lebih gelap daripada jantan.

Sikep madu asia ini berkembang biak di Asia, sekitar Siberia tengah (Rusia) hingga ke timur di daerah Jepang. Saat musim panas mereka tinggal di Siberia. Saat musim dingin bermigrasi daerah tropis Asia Tenggara. Itu sebabnya mereka bisa terlihat di Indonesia. Sumber hidupnya terutama dari larva dan sarang tawon, meskipun ia juga akan memakan mangsa serangga kecil lainnya seperti jangkrik.

Sikep madu berkembang biak di hutan, dan tidak mencolok, kecuali pada musim semi, ketika musim kawin tiba, burung yang berpasangan saling mengepak-ngepakkan sayapnya. Terbaik naik turun dan mengembangkan sayap di puncak terbangnya merupakan ciri khas dari genus Pernis.

Bulu-bulu sikep mirip dengan  elang Spizaetus sehingga sikep remaja bisa menghindarkan diri diburu oleh burung yang lebih besar. Elang Spizateus punya cakar dan cengkeraman yang lebih kuat daripada spesies Pernis.

Mimikri serupa juga ditunjukkan sikep madu eropa remaja, sikep ini menyerupai rajawali. Meskipun burung Goshawk mampu membunuh sikep atau rajawali. Goshawk cenderung berhati-hati saat berhadapan dengan rajawali, tentu saja sikep yang menyerupai rajawali

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *