Perkici Dada-Merah

Artikel
Perkici Dada-Merah
Satwa
1179
10 Desember 2014
Penulis
Panji Azis
112
posting

Deskripsi
26 cm. Berwarna-warni. Dewasa: kepala coklat kehitaman dengan coretan abu-abu; kerah leher kuning; punggung hijau; dada dan bawah sayap merah; perut hitam keunguan; paha bergaris hijau kuning; bagian bawah sayap bergaris kuning (tampak nyata ketika terbang). Iris mata dan paruh merah, kaki abu-abu. Remaja mirip burung dewasa.

Catatan: Beberapa penulis masih memasukkan Perkici Flores sebagai sub-spesies dari Perkici pelangi, tetapi sejak dilakukannya review ulang oleh Schodde, R. & I. J. Mason pada tahun 1997 semakin meyakinkan banyak pihak bahwa Perkici Flores sebaiknya diperlakukan sebagai spesies yang berdiri sendiri.

Tempat Hidup dan Perilaku
Hidup di habitat hutan hujan dan habitat terbuka pada ketinggian dibawah 1200m di Sumba, sedangkan di Lombok masih dapat ditemui sampai ketinggian 2150. Mengunjungi pucuk pohon untuk memakan buah-buahan, nektar, getah pohon dan sesekali memakan biji-bijian serta serangga. Sering ditemukan terbang berpasangan dan sesekali merespon panggilan dari kelompok dan bergabung ke dalam kawanan yang terdiri dari 5-20 ekor, kadang lebih. Cakupan habitat yang kecil dengan tekanan dari alih fungsi hutan dan penangkapan liar menyebabkan burung ini terancam, meskipun masih cukup umum ditemui di Sumbawa, tetapi di daerah lain sudah mulai jarang.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *