Peringati Hari Sampah Nasional Ocean Young Guards Gelar Jalapah di Karangsong, Indramayu

Activity, Climate Change, Marine, Waste Management
Peringati Hari Sampah Nasional Ocean Young Guards Gelar Jalapah di Karangsong, Indramayu
2 March 2023
710

Indramayu - Karangsong Mangrove Expedition merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Ocean young Guards dalam program Pemimpin Muda untuk Iklim 2 yang diselenggarakan oleh Teens Go Green Indonesia dan Yayasan Plan dengan dukungan dari ANCP-DFAT dan Plan international Australia.

Pada hari Sabtu (25/02/2023) tim Ocean Young Guards melakukan aksi Jalapah atau Jaga Laut dari Sampah di pantai Mutiara Hijau Karangsong untuk memperingati hari sampah nasional. Diawali dengan kegiatan pembukaan di SDN 1 Karangsong.

Di Pembukaan, Kak Aidin selaku CEO dari Ocean Young Guards memperkenalkan OYG yang memiliki visi untuk menjaga lautan bersama generasi kaum muda dengan adanya kegiatan Karangsong Mangrove Expedition ini semoga dapat bermanfaat dan meningkatkan karakter konservasionis bagi anak-anak dan generasi muda di SDN 1 Karangsong dan pesisir Pantai Mutiara Hijau.

Selanjutnya, Kak Abu yang merupakan perwakilan dari Teens Go Green Indonesia menyampaikan bahwa program Pemimpin Muda Untuk Iklim Batch 2 ini merupakan program yang telah dilaksanakan sebelumnya, dengan peserta terpilih hanya 15 Pemimpin Muda dan salah satunya project Karangsong Mangrove Expedition ini, harapannya semoga dengan program Pemimpin Muda untuk iklim 2 ini Teens Go Green dapat menyebarkan Virus Cinta Lingkungan dan dapat menjalin kolaborasi dengan komunitas-komunitas lingkungan yang ada di Indonesia

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pak Edy Junaedi, S.Pd, yang juga menyampaikan bahwa SDN 1 Karangsong ini telah melakukan berbagai kegiatan yang berkolaborasi di beberapa aksi salah satunya  adalah program bersama mahasiswa IPB pada tahun 1995 yang berkolaborasi dengan  Weat Land Indonesia (WIP).

Selanjutnya telah melaksanakan program penanaman bersama anak anak dan bersama masyarakat yang akhirnya sekolah inu mendapat julukan dari Pertamina yaitu Sekolah Mangrove, kemudian dan julukan  Green School dari WIP di ranah internasional, namun kegiatan tersebut sudah lama berhenti karena telah selesai program, selanjutnya dengan adanya program Karangsong Mangrove Expedition ini harapannya dapat lebih baik dan bermanfaat bagi anak-anak sekolah.

Kegiatan Jalapah ini juga sebelumnya pernah dilaksanakan oleh pihak sekolah, dengan melakukan kegiatan pengelolaan sampah plastik yaitu ecobricks. Tahun lalu pihak sekolah telah membuat ecobricks dalam rangka peduli terhadap sampah-sampah plastik dan di tahun ini bersama OYG kita melakukan kembali Jalapah sekaligus memperingati hari sampah nasional.

Kegiatan Jalapah ini diikuti oleh 10 siswa dan siswi dari SDN 1 Karangsong dan 5 anak-anak pesisir Karangsong, dengan hasil mendapatkan 10 kantong plastik trash bag dari sampah-sampah organik dan anorganik.

Ditutup dengan post test dan makan bersama, OYG memberikan pesan dan motivasi kepada anak-anak tersebut untuk senantiasa menjaga lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

About Author
Fajar Amali Kurniawan
Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2023-03-14
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *