Perangkap lalat Venus

Artikel
Perangkap lalat Venus
Flora
1439
13 Juli 2016
Penulis
Hidayati Azizah
113
posting

Pada Dionaea muscipula, tipe jebakannya adalah tipe jebakan jepit, seperti yang dapat ditemui pada Aldrovanda. Jebakan terdiri dari dua lobus berbentuk oval hingga segi empat yang bertemu di salah satu sisinya dan dalam keadaan terbuka. Saat mendapat rangsangan kedua lobus akan bergerak cepat, mengatup ke arah satu sama lain dan menjebak mangsa di dalamnya.
Mekanisme membuka dan Menutupnya Venus Fly Trap

 

Seluruh serangga yang berukuran kecil terperangkap dalam jebakan, sedangkan serangga yang berukuran lebih besar seperti belalang dan lebah, posisi kepalanya ada diluar trap. Venus Fly Trap memiliki satu set kelenjar yang terletak di dasar, dekat struktur yang menyerupai rambut yang akan mulai bekerja mensekresikan attractant, ketika jebakan tersebut membentuk sudut 90O, sehingga ketika ada serangga yang hinggap di antara rambut-rambut tersebut, maka jebakan tersebut akan menutup.

 

Didalam jebakan tersebut juga diproduksi cairan asam enzimatik yang akan menguraikan jaringan hidup, mengubahnya menjadi bentuk yang dapat dimakan oleh tanaman tersebut. Ketika proses pencernaan telah selesai maka jebakan akan membuka kembali, dan menyisakan struktur seperti rangka, sedangkan materi nitrogen telah digunakan oleh tanaman sebagai nutrisi.

 

Rambut-rambut yang sensitif tersebut berfungsi untuk mencegah daun menutup hanya karena tetesan air hujan, karena daun tersebut membutuhkan dua atau lebih rambut-rambut yang terpicu agar dapat menutup, ketika daunnya tersebut menutup tanpa ada serangga didalamnya, daun akan membuka kembali dalam beberapa jam.

 

Menurut Lloyd dan George (1962), jebakan tersebut dapat menangkap 3 serangga, sebelum daun berubah menjadi hitam dan mati, tapi jika tanaman ini disentuh rambutnya tanpa ada serangga yang tertangkap, maka daun dapat membuka dan menutup lagi selama 7 kali.

 

 

Sumber :

http://dekris.meximas.com/uncategorized/klasifikasi-dionaea-muscipula-alias-venus-si-perangkap-lalat/

http://www.munsypedia.com/2013/03/10-tumbuhan-paling-unik-aneh-yang-telah.html

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *