Penyu Hijau

Artikel
Penyu Hijau
Satwa
2562
20 Juni 2014
Penulis
Muhammad Ridwan Sururi
3
posting

Chelonia mydas, atau yang biasanya dikenal dengan nama penyu hijau adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini adalah satusatunya spesies dalam golongan Chelonia. Dia memiliki jaringan lemak berwarna hijau di bawah karapaks/cangkangnya. Itulah alasan dari nama penyu hijau. 

Penyu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan garam-garam air laut yang ikut tertelan bersama makanan yang mereka makan dan juga kemampuan untuk tinggal di dalam air dalam waktu yang lama selama kurang lebih 20-30 menit. Telinga penyu laut tidak dapat dilihat, tetapi mereka memiliki gendang telinga yang dilindungi oleh kulit. Penyu laut dapat mendengar suara-suara dengan frekuensi rendah dengan sangat baik dan daya penciuman mereka juga mengagumkan. Mmeskipun buta warna mereka dapat melihat dengan sangat baik di dalam air. 

Siklus hidup penyu sangat menarik dimana penyu akan melakukan perjalanan keliling dunia setelah menetas. Namun mereka akan kembali ke tempat mereka menetas untuk kawin dan bertelur. Yang sangat menarik dari penyu adalah saat menetas tukik melakukan proses identifikasi lingkungan yang biasa disebut imprinting. semacam proses rekam jejak. Itulah sebabnya mereka dapat kembali ke tempat mereka menetas setelah mengembara puluhan tahun.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *