Penangkaran penyu sisik di Pulau Pramuka

Artikel
Penangkaran penyu sisik di Pulau Pramuka
Satwa
1810
7 Juli 2014
Penulis
Putri Diana
72
posting

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang terdapat di gugusan kepulauan seribu, Jakarta. Pulau ini juga merupakan pusat pemerintahan administratif di kepulauan seribu. Sebagai pusat pemerintahan, pulau ini dilengkapi oleh beberapa falsilitas seperti rumah sakit, home stay, tempat ibadah, aula. Selain itu di pulau ini juga terdapat salah satu tempat penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricate).

Penyu sisik merupakan salah satu hewan yang dilindungi, hewan ini masuk dalam red list IUCN sebagai hewan yang terancam punah. Penyebabnya adalah karena perburuan liar akan telur, konsumsi daging penyu dan karapas yang bernilai jual tinggi. Selain itu, ancaman lain datang dari pengrusakan habitat, polusi laut, dan terperangkap oleh alat penangkap ikan.

Rehabilitasi penyu sisik di pulau ini sudah dimulai sejak tahun 1984, dibantu oleh pak Salim sebagai kepala pimpinan rehabilitasi di pulau ini. Di pusat penangkaran ini, merawat telur-telur penyu yang ditemukan di pesisir pantai, dirawat hingga menjadi tukik, lalu tukik tersebut ditempatkan di bak bak penangkaran, hingga siap dilepaskan ke laut.

 Berikut merupakan gambar tukik penyu sisik yang dirawat di bak penangkaran 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *