Pecuk-ular Australia

Satwa
Pecuk-ular Australia
30 Juni 2015
1305

Deskripsi
Berukuran besar (90 cm); bentang sayap 116-128 cm; paruh 7-9 cm. Paruh runcing dengan leher yang panjang dan ramping yang khas. Jantan: kehitaman dengan strip putih panjang di muka, punggung dan sayap bertotol bungalan putih. Betina: Kepala dan leher belakang abu-abu pucat, leher depan putih dan berjambang hitam; dada putih. Remaja: mirip betina, tapi strip-matanya lebih kabur, paruh dan kulit muka jingga, kuning, atau coklat sampai au-abu atau hitam, iris coklat jingga atau kuning.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Burung penetap, kadang melakukan perpindahan sporadis yang biasanya dipengaruhi oleh faktor kekeringan. Biasanya sendirian atau dalam kelompok kecil, bertengger di atas pohon di dekat air atau berenang dengan anggun dimana hanya leher sampe kepala yang terlihat serta menyelam mencari ikan, katak, ular dan invertebarata perairan lainnya. Menghuni perairan tawar, rawa dan sungai. Terbang dengan beberapa kepakan sayap kemudian melayang. Biasanya dijumpai sedang bertengger di dahan yang menjorok ke air, beristirahat sambil membentangkan sayapnya, ketika terbang tinggi biasanya menggerak-gerakkan ekornya.
Berbiak sepanjang tahun dalam koloni berbiak yang besar kadang bergabung bersama pecuk-padi dan kerabat dekat lainnya. Sarang berada di pepohonan dekat perairan sekitar 2 m diatas permukaan air, berupa tumpukan ranting. Betina bertelur 2-6 butir yang dierami 26-30 hari. anakan yang menetas membutuhkan waktu sekitar 7 minggu untuk bisa terbang dan mandiri. Diperkirakan burung remaja baru menjadi dewasa dan masak secara sexsual setelah berumur 2 tahun, dan dapat hidup sampai berumur 9 tahun di alam.

Tentang Penulis
Panji Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *