Papan Berbahan Daun Nanas, Kuat dan Ramah Lingkungan

Artikel
Papan Berbahan Daun Nanas, Kuat dan Ramah Lingkungan
Lain-lain
2478
15 Oktober 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Nanas memiliki rasa buah yang segar, hal tersebut membuat nanas banyak dibudidayakan untuk memenuhi permintaan konsumsi buah. Namun riset yang dilakukan oleh Prodi Teknik Material Institut Teknologi Bandung telah membuktikan bahwa tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, daun nanas juga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku papan.

Daun tanaman Ananas comosus memiliki serat yang yang baik. Kandungan selulosa pada daun nanas lebih banyak dibandingkan tanaman lain seperti rami (Boehmeria nivea), Agave silsalana, atau serat kelapa (Cocos nucifera). Kekuatan papan yang dibuat dari tanaman anggota famili Bromeliaceae tersebut mampu menyamai kekuatan papan berbahan kayu seperti kayu karet, akasia, dan sengon.

Hamparan perkebunan nanas.
(sumber foto: pekanpina.blogspot.com)

Potensi nanas tersebut belum dimanfaatkan dengan baik, selama ini daun nanas sisa panen hanya dibuang dan dibiarkan membusuk oleh petani. Indonesia memiliki sekitar 166-ribu hektar perkebunan nanas, jika satu kilogram nanas mampu menghasilkan papan setebal 0,22 cm dengan luas 30 cm persegi yang kuat maka berapa juta papan yang bisa diproduksi untuk mengurangi penebangan pohon dan penggundulan hutan di tanah air.

 

Referensi:

Muhamad Khais Prayoga. Trubus edisi November 2012.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *