Pane Gowang

Flora
Pane Gowang
12 Juli 2017
1357

Pegagan atau istilah lokal menyebutnya pane gowang, tanaman obat yang berasal dari daerah asia tropik ini banyak tersebar di asia tenggara, khususnya Indonesia hingga ke tiongkok.

3 (tiga) ribu rupiah dalam ikatan kecil di sebuah pasar tradisional di kota mendoan (purwokerto) kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

ini menjadi tanaman obat yang langka selain jarang dijumpai dan belum banyak yang melakukan budidaya, menjadi peluang bagi saya beserta anak-anak didik kami, yang kita lebih bangga menyebutnya sekolah petani PAKIS.

Panegoang sebagai satu dari ribuah kearifan lokal yang kondisinya semakin ditinggalkan bahkan generasi sekarang pun tak mengenalnya.

tanaman obat yang sering dikonsumsi mulai dimasak dengan sajian sop/sayur bening ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

sebagai penyeimbang tekanan darah yang cenderung tinggi, pembersih wajah, kulit dan kita juga sering mengkonsumsi sebagai sajian menu makan pengganti lalapan.

mudah dibudidaya dan memiliki peluang untuk terus dikembangkan sebagai tanaman obat yang bisa menjadikan masyarakat memiliki kecenderungan hidup sehat dengan kembali ke alam.

salam pembelajar

Tentang Penulis
kang Isrodin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *