Panda Merah

Artikel
Panda Merah
Satwa
1036
30 Desember 2014
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Panda merah atau dalam nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. Sesuai namanya, Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya. Buntutnya panjang dengan duabelas cincin merah dan coklat-muda berselang-seling. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es. Spesies ini pertama kali dideskripsikan ke dunia pengetahuan pada tahun 1825.

Klasifikasi taksonomi panda merah sudah lama menimbulkan kontroversi. Sebelumnya panda merah ditempatkan dalam suku keluarga beruang Ursidae karena mempunyai kesamaan dengan beruang panda, keduanya memiliki lima jari dengan ekstra jari di samping lima jarinya. Jari ekstra ini adalah tulang pergelangan tangan yang termodifikasi. Panda merah juga ditempatkan dalam suku tunggal Ailuridae. Namun sekarang spesies ini ditempatkan dalam suku Procyonidae, karena kemiripannya dengan spesies hewan dalam keluarga rakun.

Panda merah merupakan satu-satunya spesies di subsuku Ailurinae dan genus tunggal Ailurus. Daerah sebaran panda merah adalah di Asia Tengah. Spesies ini ditemukan di hutan pegunungan Himalaya, Bhutan, Republik Rakyat Tiongkok, India, Laos, Myanmar dan Nepal.  

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *