Pakis haji

Flora
Pakis haji
28 April 2016
6157

Pakis haji (aji) atau populer juga dengan nama sikas adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga pakishaji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakishaji-pakishajian (Cycadaceae). Masyarakat awam di Indonesia mengenal pakis haji dari beberapa spesies yang biasa ditanam di taman-taman menyerupai palem, yaitu C. rumphii, C. javana, serta C. revoluta (sikas jepang).
 
Pakis haji berhabitus mirip palem, namun sebenarnya sangat jauh kekerabatannya. Kemiripan ini berasal dari susunan anak daunnya yang tersusun berpasangan. Semua pakis haji berumah dua (dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina. Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhan jantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang. Alat betina mirip daun dengan biji-biji tumbuh dari samping. Alat betina tumbuh dari sela-sela ketiak daun. Walaupun ia disebut "pakis", dan daun mudanya juga mlungker sebagaimana pakis sejati, pakis haji sama sekali bukan anggota tumbuhan berspora tersebut.
 

Manfaat tanaman pakis haji bagi kesehatan :
 
*Tanaman pakis dapat untuk mengobati diabetes mellitus dan pendarahan menstruasi.
*Buah pakis dapat mengobati diabetes mellitus dan perdarahan menstruasi
*Batang pakis dapat mengobati Hepatitis
* ‎Daun pakis dapat mengobati bisul, radang kulit bernanah, atau luka bakar.Karena daun pakis mempunyai vitamin C yang sangat tinggi, yaitu sekitar 30 mg per 100 g.
*hal ini bertujuan untuk pembentukan kolagen pada kulit dan penyembuhan luka.
*Daun pakis juga dapat mengobati penyakit rematik, karena dalam komposisinya, pakis juga memiliki kalsium dan fosfor yang sangat tinggi.
*Pada daun pakis rambat berguna untuk penyakit amandel dan darah tinggi.

 

Tentang Penulis
indra wardani aldyla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-03-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *