Nepenthes ampullaria

Artikel
Nepenthes ampullaria
Flora
163
23 Agustus 2021
Kehutanan
Penulis
gresyamunda
2
posting

Keunikan Nepenthes ampullaria

Nepenthes ampullaria merupakan salah satu spesies dari genus Nepenthes yang memiliki ciri yang khas dan unik dikarenakan spesies ini memiliki bentuk kantung yang pendek, bulat dan menyerupai termos. Nepenthes ampullaria dapat ditemukan di Borneo, Sumatra, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, Kepulauan Nokadu dan new Guinea.

 

Nepenthes ampullaria dapat ditemukan hidup di daerah yang lembab dan teduh dengan ketinggian bisa mencapai 2.100 mdpl. Di Borneo dapat ditemukan di hutan kerangas, hutan rawa gambut, hutan yang degradasi dengan ketinggian dari 0 sampai 1.000 mdpl.

 

keunikan yang lain dari spesies ini yang tidak ditemukan di genus Nepenthes yang lain yaitu dari batang. Batang dari N.ampullaria berwarna coklat dan bisa tumbuh mencapai ketinggian 15 cm. Daunnya berwarna hijau, panjang 25 cm, dan lebar 6 cm. Kantong dihasilkan pada ujung daun dan sulur tidak semakin panjang dari 15 cm.

 

Kantung bawah mempunyai ukuran kecil, jarang bisa melebihi 10 cm dan tinggi 7 cm. Kantung atas jarang dihasilkan, biasanya ukurannya semakin kecil dari kantung bawah. Warna kantung bervariasi, mulai dari hijau polos hingga merah tua, dan banyak kombinasi lain jika ditemukan.

 

Keunikan lainnya yang tidak dimiliki oleh Nepenthes lain adalah kemampuan berproduksi “kelompok kantung” yaitu segerombolan kantong-kantong tanpa daun yang tumbuh pada batang tegak atau di atas tanah hingga menyerupai karpet tebal di lantai hutan atau di rawa-rawa yang sering kali pada saat musim kemarau digunakan oleh para monyet untuk minum.

 

Nepenthes ampullaria juga dikenal sebagai satu-satunya spesies kantong semar yang “vegetarian”, dikarenakan kantong tanaman ini tidak memiliki kelenjar nektar pada bibir kantong sehingga sangat jarang serangga yang terjebak dalam kantong. Umumnya sebagian besar benda-benda yang ditemukan dalam kantong adalah dedaunan yang membusuk, kotoran hewan, ranting-ranting kecil dan air hujan.

Manfaat:

  1. ampullaria dapat digunakan sebagai obat batuk, sakit perut, luka bakar, dan iritasi mata.

 

Sumber: http: //p2k.unkris.ac.id/id3/3065-2962/Nepenthes-Ampullaria_104375_p2k-unkris.html

https://bibitbunga.com/ciri-ciri-dan-manfaat-kantong-semar/

 

Catatan: Gambar diambil di Desa Muara Siran Hutan Rawa Gambut Kalimantan Timur.

 

2
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *