Ndok Erok

Artikel
Ndok Erok
Satwa
2701
21 Juni 2014
Penulis
Muhammad Ridwan Sururi
3
posting

Atau dalam istilah asing disebut Green Marsh Hawk bukan jenis Hawk (Alap-alap) apalagi Badak lho biodivers , dia merupakan insekta yang termasuk keluarga besar Odonata. Terkenal sebagai predator ganas yang memangsa capung lain, bahkan yang berukuran lebih besar sekalipun. Mungkin kalau biodivers pernah menangkapnya pernah merasakan gigitannya. Dalam sistem ekologi capung menjadi pengendali hayati yang mengendalikan populasi serangga lain. Aktifitas predatornya sudah dimulai sejak stadium larva yang mampu memangsa berudu dan ikan kecil.

Capung Badak memiliki ciri morfologi yang khas. Tubuhnya berwarna hijau sampai hijau kekuningan dengan loreng itam di bagian thirax (dada) dan abdomennya (perut). Jangan salah kira ya, perut capung adalah bagian yang terlihat seperti ekor. Meskipun kebanyakan jenis capung morfologi jantan dan betina berbeda, tapi untuk capung badak keduanya sama (monomorfik).

Capung mengalami metamorfosis tidak sempurna. Dimulai capung meletakkan telurnya di perairan, dari telur – nimfa- larva berada di air setelah dewasa terbang bebas diudara. Lava capung ada yang berumur hingga 3 tahun hlo biodiver. Kalau capung dewasa dapat bertaha sekitar 4 bulan saja, tapi ada spesies yang mampu hidup hingga 6 tahun. wow.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *