Meski Bukan Lagi Kategori Terancam, Penyu Belimbing Masih Belum Aman

Artikel
Meski Bukan Lagi Kategori Terancam, Penyu Belimbing Masih Belum Aman
Lain-lain
2811
30 Agustus 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Salah satu dari enam jenis penyu Indonesia adalah penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang merupakan penyu terbesar di dunia dengan panjang total mencapai 2.2 m. Perairan Indonesia menjadi persinggahan terpenting penyu belimbing dan memiliki pantai peneluran terbesar di kawasan Samudera Pasifik.

Keberhasilan konservasi di daerah barat Samudera Atlantik mampu mengubah kategori IUCN penyu belimbing dari terancam punah (endangered) menjadi rentan (vulnerable). Meskipun kategori penyu belimbing sudah setingkat lebih baik keberadaannya belum bisa dinyatakan aman. Penyebabnya penurunan sekitar 97% jumlah penyu di perairan Pasifik Barat selama tiga dekade terakhir.

Penurunan jumlah penyu belimbing di Indonesia disebabkan empat masalah utama: pertama predator-predator pantai  seperti babi hutan dan anjing yang seringkali memakan telur-telur penyu; kedua meningkatnya suhu pasir yang bisa membunuh telur atau mempersulit proses pertumbuhan tukik; ketiga bahaya akibat penangkapan oleh nelayan ketika saat migrasi; dan keempat resiko ditangkap dan diperdagangkan oleh penduduk untuk diambil daging dan telurnya.

Pantai Jamursba Medi, Papua Barat merupakan rumah bagi 75% penyu belimbing di perairan Barat Pasifik. Penurunan jumlah penyu belimbing selama 29 tahun dari tahun 1984 sampai 2013 mencapai 78% dengan jumlah yang tersisa kurang dari 500 ekor. Selain dilihat dari jumlah penyu, penurunan populasi terlihat dari jumlah sarang yang menurun drastis dari 14455 (1984) menjadi 1532 di tahun 2013. 

Jika kondisi ini terus berlanjut penyu belimbing beresiko punah 20 tahun ke depan. Namun, para ahli optimis penyu belimbing dapat diselamatkan dengan bantuan masyarakat lokal dan dukungan dari pihak yang peduli.

 

 

Sumber:

1. National Geographic Indonesia (Penyu belimbing tak lagi satwa terancam punahMemberdayakan warga demi penyu belimbing)

2. WWF Indonesia (Penyu laut di Indonesia)

3. Mongabay.co.id (Penelitian: Sarang penyu di Papua Barat)

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *