Mengenal Tumbuhan Kayu Putih

Mengenal Tumbuhan Kayu Putih
2 November 2023
369

Tumbuhan kayu putih, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Melaleuca alternifolia, adalah sejenis tumbuhan yang berasal dari Australia. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Myrtaceae dan memiliki karakteristik yang khas, seperti daun yang tipis dan aromatik ketika digosok. Tumbuhan kayu putih dikenal karena minyak atsiri yang dihasilkannya, yang memiliki berbagai manfaat dalam pengobatan dan industri kosmetik.

Tumbuhan Kayu putih memiliki deskripsi dengan tumbuh sebagai semak atau pohon kecil dengan tinggi mencapai 7-8 meter, batangnya kuat dan bercabang banyak. Daun kayu putih berbentuk jarum, dengan panjang sekitar 10-35 mm dan lebar sekitar 1 mm. Daunnya tersusun secara spiral di sepanjang cabang, bunganya berbentuk majemuk dan terletak di ujung ranting, bunganya memiliki kelopak yang kecil dan daun mahkota berwarna putih atau krim, Buah kayu putih berbentuk kapsul kecil yang mengandung banyak biji kecil.

Minyak kayu putih yang diekstraksi dari tumbuhan ini memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antiviral. Oleh karena itu, minyak kayu putih sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti infeksi kulit, luka bakar, jerawat, dan gangguan pernapasan seperti pilek dan batuk. Selain itu, minyak kayu putih juga digunakan dalam produk-produk perawatan kulit, perawatan rambut, dan produk-produk pembersih.

page1image15400960 page1image15415936

Tumbuhan kayu putih atau eucalyptus ini memiliki komposisi kimia yang terdiri dari beberapa komponen penting seperti; komponen utama yang dihasilkan oleh tumbuhan kayu putih adalah Minyak atsiri , Minyak ini memiliki aroma segar, khas dan . Senyawa-senyawa yang terkandung dalam minyak atsiri dapat memiliki berbagai aktivitas seperti antiseptik, antiinflamasi, antispasmodik, antijamur, dan antiviral. Komponen utama dalam minyak kayu putih adalah terpinen-4-ol, cineol, dan alpha-terpineol. Komponen lainnya meliputi gamma-terpinene, terpinolene, dan alpha-pinene, selain minyak atsiri, tumbuhan kayu putih juga mengandung flavonoid, tanin, dan senyawa-senyawa lain yang memberikan sifat-sifat farmakologis tertentu.

Daftar Pustaka

Wibowo, M. A., Sari, D. N., Jayuska, A., & Ardiningsih, P. (2021). Komposisi Kimia Dan Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Daun Kayu Putih (Melaleuca Cajuputi) Dari Kota Singkawang. Biopropal Industri, 12(1), 1. Https://Doi.Org/10.36974/Jbi.V12i1.6509

Joen, S. T. N. (2020). Efektivitas Ekstrak Daun Kayu Putih (Melaleuca Leucadendron L.) Sebagai Antibakteri Secara In Vitro. Majority, 9(2), 45-48.

Tentang Penulis
Fitria Widya
Ilmu Komunikasi/Hubungan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2023-11-22
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *