Mengenal Tanaman Cempaka Wangi, Flora Maskot Provinsi Aceh

Flora
Mengenal Tanaman Cempaka Wangi, Flora Maskot Provinsi Aceh
6 Mei 2017
3364

Hasil gambar untuk Cempaka Kuning identitas aceh

Negara Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak kekayaan di alamnya. Salah satu kekayaan yang dimiliki yaitu kekeyaan akan keanekaragaman hayatinya. Keanekaragaman hayati jenis flora yang dimiliki oleh Negara Indonesia pun melimpah. Salah satu flora yang dimiliki yaitu tanaman Cempaka wangi (Magnolia champaca) atau sering disebut juga dengan Bungong Jeumpa yang merupakan tanaman Maskot Provinsi Aceh. 

Tanaman cempaka wangi merupakan tanaman perdu dengan tinggi pohon mencapai 3-6 meter. Bunganya berwarna kuning, orange, atau putih krem. Yang menjadi ciri khusus bunga ini adalah bunganya yang memiliki aroma wangi yang khas. 

Tanaman cempaka wangi dapat digunakan sebagai perhiasan. Hal ini dikarenakan Bunga Cempaka Wangi mengeluarkan aroma yang harum. Biasanya, hiasan Bunga Cempaka Wangi digunakan sebagai riasan untuk menyambut tamu. Sedangkan bunga yang masih kuncup digunakan sebagai hiasan rambut penari, yang mayoritas adalah Inong (dalam bahasa Aceh berarti “perempuan”). Sehingga Inong Aceh tersebut akan terlihat lebih cantik dan anggun, layaknya seorang puteri. Ketika sang penari mulai beraksi, bunga ini akan menebarkan aroma wangi yang semerbak. Bukan hanya untuk menyambut tamu, oleh Inong Aceh bunga ini juga sering digunakan sebagai pelengkap pakaian adat Aceh dalam upacara pernikahan.

Selain digunakan sebagai perhiasan, ternyata Tanaman cempaka wangi dapat digunakan untuk kesehatan. Cempaka Kuning berkhasiat bagi wanita untuk membantu proses pemulihan setelah persalinan, mengobati kencing tidak lawas, serta mengobati demam selsema. Untuk wanita setelah melahirkan, caranya adalah dengan mengambil beberapa helai daun Cempaka Kuning yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian daun tersebut direbus hingga mendidih. Air hasil rebusan daun kemudian diminum. Sedangkan untuk mengatasi demam selsema, ambil akarnya lalu ditumbuk hingga pecah, kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Setelah menjadi hangat, air hasil rebusan tersebut kemudian diminum secara perlahan.

Hirarki Taksonomi

Kingdom: Plantae

Divisio: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Magnoliales

Familia: Magnoliaceae

Genus:Magnolia

Spesies: Magnolia champaca

 

Sumber: 

https://alamendah.org/2014/09/01/hewan-dan-tumbuhan-khas-provinsi-aceh/

http://www.gosumatra.com/cempaka-wangi-flora-khas-aceh/

http://ensiklopediaindonesia.com/bunga-jeumpa-bunga-cempaka-asal-aceh/

Tentang Penulis
Ariannisa Ramadhanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-05-06
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *