Mengenal Nephila pilipes, si penjaring hitam besar

Artikel
Mengenal Nephila pilipes, si penjaring hitam besar
Satwa
100
12 November 2022
Universitas Negeri Yogyakaarta
Penulis
M Ikhsan Al Ghazi
2
posting

Gambar 1. Nephila pilipes betina                                                            Gambar 2. Nephila pilipes jantan

Pernahkah teman-teman melihat jaring besar yang dihuni oleh laba-laba yang tidak kalah besarnya? Jika laba-laba itu berwarna hitam dengan dua garis kuning di sisi atas perutnya dan bintik-bintik kuning pada sisi bawah perut, maka dapat dipastikan ia bernama Nephila pilipes. Jenis ini termasuk dalam famili Araneidae, yang pada umumnya membuat jaring berbentuk orbweb (melingkar dua dimensi). Dewasa umumnya membuat jaring besar diantara pepohonan, namun terkadang dapat pula ditemukan diantara kabel listrik. Yang menarik lagi, jaring N. pilipes dapat berwarna emas mengkilap, sehingga salah satu nama untuk jenis ini dalam bahasa inggris ialah “golden orbweaver”.

Nephila pilipes mengalami dimorfisme seksual, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang mencolok antara hewan jantan dan betina. Perbedaan antara jenis kelamin ini tergolong ekstrem, dimana betina jantan berukuran yang jauh lebih kecil dan memiliki warna yang sangat berbeda. Betina memiliki panjang tubuh 30-50 mm dan berwarna hitam dengan corak-corak kuning. Sementara, jantan memiliki panjang tubuh sekitar 5 mm dengan warna merah di seluruh tubuhnya.

Meskipun seringkali dianggap menyeramkan, Nephila pilipes tidak termasuk jenis yang membahayakan nyawa. Hewan ini tidak agresif dan cenderung akan berusaha kabur jika didekati oleh tangan manusia. Bisa dari N. Pilipes dapat menyebabkan bengkak sebentar, namun korban gigitan pada umumnya tidak membutuhkan perwaratan medis khusus.

 

11
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *