Mengenal Hewan Famili Melanotaeniidae

Kelautan
Mengenal Hewan Famili Melanotaeniidae
28 April 2016
1694

Melanotaeniidae merupakan famili dalam super kelas pisces. Pada umumnya Famili Melanotaeniidae merupakan hewan air tawar, ukuran tubuh ikan famili Melanotaeniidae pada umumya kecil. Sebagian besar Ikan Famili elanotaeniidae dimanfaatkan sebagai ikan hias. Famili Melanotaeniidae bisa disebut dengan rainbowfish (Ikan Pelangi). Ikan Famili Melnotaenidae penyebarannya adalah di Australia. Di Indonesia, Ikan Famili Melanotaenidae ditemukan di Bagian Timur. Ikan Famili Melanotaeniidae memiliki tubuh warna warni sehingga tak heran bila disebut dengan Ikan Pelangi. Pada umumnya, Ikan Famili Melanotaeniidae memiliki 1 sirip punggung, sepasang sirip dada dan 1 sirip dubur.

Selain tubuh yang berwarna-warni, jga ada yang memiliki garis hitam melintang di tubuh Ikan Famili Melanotaenoodae yang pada umumnya ada satu. Ikan Famili Melanotaeniidae merupakan hewan yang tergolong omnivora. Meskipun omnivora, tetapi hanya memakan hewan dan tumbuhan yang kecil seperti ganggang, serangga. Wilayah air tawar tempat tinggal Ikan Famili Melanotaeniidae adalah di sungai, rawa, dan danau.

Ada Ikan famili Melanotaeniidae yang merupakan Hewan air tawar endemik. Seperti contoh pada Ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis) yang merupakan Ikan Pelangi endemik pada danau Sentani yang berada di Pulau Papua.

 

Tentang Penulis
Ariannisa Ramadhanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-05-06
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *