Mendorong Pendidikan Lingkungan Hidup kepada Generasi Muda

Article
Mendorong Pendidikan Lingkungan Hidup kepada Generasi Muda
Activity, Animal, Flora
84
3 September 2020
Biodiversity Warriors
Author
Admin BW
8
posting

Muhammad Khoir atau lebih akrab dipanggil Choir merupakan generasi pertama dari Biodiversity Warriors (BW). Bergabung sejak 2014, Choir sering terlibat pada berbagai kegiatan BW KEHATI, salah satunya yaitu menjadi koordinator Biodiversity Warriors Go To School (BWGTS), yaitu program sosialisasi dan edukasi terkait pelestarian keanekaragaman hayati oleh anggota BW kepada siswa dan mahasiswa. Pada saat itu, Choir mendampingi para siswa dari 5 Sekolah Alam, yaitu Sekolah Citra Alam (SCA) Ciganjur, Jakarta; Semut-Semut the Natural School, Depok, Jawa Barat; Sekolah Alam Meruyung, Depok; Sekolah Ricci, Bintaro ; dan Sekolah Alam Indonesia, Cipedak untuk melakukan pendataan keanekaragaman hayati di lingkungan pekarangan sekolah, dimana hasil pendataan tersebut menghasilkan peta hijau sekolah.

 

Buku Tumbuhan dan Satwa Liar: Keanekaragaman Hayati di Lingkungan Pondok Pesantren Ekologi Ath-Thaariq, Garut, Jawa Barat.

 

Selain itu, pada tahun 2016, Choir juga mendampingi para santri melakukan pendataan dan pendokumentasian keanekaragaman hayati yang terdapat di Lingkungan Pondok Pesantren Ekologi Ath-Thaariq, Garut, Jawa Barat. Hasil pendataan tersebut kemudian diunggah ke situs BW www.biodiversitywarriors.kehati.or.id, dan dirangkum menjadi buku berjudul Tumbuhan dan Satwa Liar: Keanekaragaman Hayati di Lingkungan Pondok Pesantren Ekologi Ath-Thaariq, Garut, Jawa Barat.

 

Buku Upaya Menuju Green Hospital Melalui Program Keanekaragaman Hayati di Lingkungan Rumah Sakit Kanker Dharmais.

 

Keaktifan Choir melirik Manajemen Rumah Sakit Kanker Dharmais untuk mengetahui potensi keanekaragaman hayati di lingkungan Rumah Sakit Kanker Dharmais. Pada tahun 2017, Choir bersama anggota BW lainnya, melakukan pendataan dan pendokumentasian keanekaragaman hayati di lingkungan Rumah Sakit Kanker Dharmais, dan menghasilkan buku berjudul Upaya Menuju Green Hospital Melalui Program Keanekaragaman Hayati di Lingkungan Rumah Sakit Kanker Dharmais.

 

Kemudian, pada tahun 2018, Khoir menyusun buku berjudul Sekolahku KAYA, Biodiversitas Sekolah Citra Alam seri kupu-kupu, dimana buku tersebut merupakan hasil pendataan kupu-kupu yang dilakukan oleh siswa SD Sekolah Citra Alam yang tergabung dalam ekskul Kelompok Ilmiah Anak (KIA), bekerja sama dengan BW dengan dukungan pendanaan dari KEHATI.

 

Sampai saat ini, Choir masih terus aktif terlibat dalam kegiatan BW dan melakukan bimbingan terhadap anggota baru. Khoir berharap apa yang dilakukannya dapat menginspirasi generasi muda untuk terus aktif mengenal dan melestarikan keanekaragaman hayati di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *