Mamalia Terbang Endemik dari Pulau Seram

Satwa
Mamalia Terbang Endemik dari Pulau Seram
6 Mei 2017
2541

 

Hirarki Taksonomi

Kingdom          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Mamalia

Ordo                : Chiroptera

Familia             : Pteropodidae

Genus              : Pteropus

Spesies             : Pteropus ocularis

     Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan akan keanekaragaman hayati. Salah satunya adalah kekayaan fauna baik itu fauna daratan hingga fauna lautan. Di Indonesia, terdapat banyak jenis fauna yang endemik yang terbentang dari Pulau Sumatera (Barat) hingga Pulau Papua (Timur). Hewan endemik Indonesia yang sering diketahui oleh masyarakat yaitu orangutan, komodo, harimau sumatera. Namun, terdapat juga hewan endemik dari Indonesia yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang Indonesia sehingga hewan tersebut agak terdengar asing. Hewan tersebut ialah Kalong Seram (Pteropus ocularis).

 

Peta Persebaran Kalong Seram (Pteropus ocularis)

     Kalong Seram merupakan salah satu hewan Mamalia endemik khas Indonesia. Hal ini dikarenakan persebaran hewan tersebut hanya terdapat di 2 pulau di Indonesia. Kedua pulau yang menjadi tempat ditemukan Kalong Seram yaitu di Pulau Buru dan Pulau Seram yang terletak di Kawasan Indonesia Bagian Timur. Dahulu, Kalong Seram pernah ditemukan di Pulau Ambon dan sekarang mungkin tidak ada di Ambon.  

 

     Dalam IUCN Redlist, Kalong seram tercatat Rentan sejak tahun 1996. Hal ini dikarenakan spesies ini terancam oleh perburuan dan penggundulan hutan untuk penebangan dan perluasan pertanian. Penambangan yang tidak diatur dan di Buru secara ilegal tidak hanya akan meningkatkan tingkat kehilangan habitat, dan sejumlah besar merkuri dari pertambangan emas kemungkinan telah meresap ke dalam pasokan air. Spesies ini kadang diburu, meski jarang ditemui. Spesies ini terdaftar pada Lampiran II CITES. Ditemukan di Taman Nasional Manusela, meskipun hutan-hutan didaur ulang oleh pembalakan liar, dan penggundulan hutan di seluruh Seram telah mengakibatkan hilangnya hampir setengah dari total cakupan hutan. Kawasan lindung perlu dibangun untuk melindungi habitat spesies ini.

 

Sumber:

http://www.iucnredlist.org/details/18745/0

https://id.wikipedia.org/wiki/Kalong_seram

http://biomcarreira.blogspot.co.id/2012/06/morcego-da-fruta-pteropus-ocularis.html

Tentang Penulis
Ariannisa Ramadhanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-05-06
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *