Lemuru

Satwa
Lemuru
14 Juni 2015
1761

Di Perairan Indonesia ikan ini banyak terdapat di perairan Selat Bali, ikan ini banyak sebutannya seperti, jika badannya masih kecil disebut semenit atau sempenit, Jika beranjak dewasa dan panjang badannya sekitar 12 cm dijuluki Protolan. Ketika badannya mencapai 15 cm disebut Lemuru. Tapi kalau ukurannya lebih besar lagi disebut Lemuru Kucing. Tapi ada juga di daerah lain di Bali seperti di Perairan Jimbaran, Ikan Lemuru di sebut ikan kucing tanpa memperdulikan ukurannya.

Sumber gambar: http://116.197.130.52/read/20141007/1/47272/www.kabar24.com

Lemuru dijadikan produk ikan sarden lokal di Indonesia. Ikan ini banyak terdapat di Selat Bali, Wilayah perairan Jawa Timur dan perairan Bali. Sementara yang terkenal sebagai ikan sarden adalah sarden jepang (Sardinella melanostica). Karena nama lemuru kurang dikenal, maka yang dicantumkan di dalam kalengnya hanyalah nama sardennya. Di Indonesia sebetulnya punya beberapa jenis sarden seperti sardinella longiceps, sardinella sirm, sardinella leigaster, dan sardinella clupeoides. Nama-nama ini merupakan hasil tangkapan dari daerah kepulauan seribu, Pekalongan, Tegal dan Pelabuhan Ratu. Hanya saja populasinya tidak sebanyak dengan lemuru yang ada di Selat Bali.

Bagi penjual ikan segar, Ikan Lemuru tergolong ikan yang tidak disukai karena gampang busuk. Karena sifatnya yang mudah busuk, penjualan lemuru segar hanya terbatas di daerah Muncar (Banyuwangi). Di luar daerah itu, lemuru dijual sudah dalam bentuk olahan seperti Ikan Pindang, ikan asin atau tepung ikan.

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Sardinella_lemuru

Tentang Penulis
Syamsul Anwar Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *