Layang-layang Loreng

Satwa
Layang-layang Loreng
27 April 2015
3206

Layang-layang Loreng (Hirundo striolata) adalah spesies burung walet yang tersebar dari Asia Selatan, Asia Tenggara dan Taiwan
Walet Lurik berukuran 20 cm. Dada burik, tunggit merah. Tubuh bagian atas biru seperti baja, tubuh bagian bawah putih kotor dengan loreng hitam, ekor terbelah dalam. Iris coklat, paruh hitam, kaki keabu-abuan

Burung ini tersebar mulai India timur laut, Asia tenggara, Filipina, Semenanjung Malaysia, Jawa, Bali sampai Nusa Tenggara.
Di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Juga Tercatat di Sumatera selatan (kemungkinan merupakan burung tidak berbiak dari Jawa) dan Kalimantan bagian utara (kemungkinan penetap atau pengunjung dari Filipina).

Mirip burung walet lain, tetapi lebih sering terdapat di dataran rendah dekat daerah pertanian, di Jawa dan bali tidak umum terdapat sampai ketinggian 1.500 m. Hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil. Dibandingkan dengan layang-layang lain, terbang dengan kepakan yang lebih perlahan dan lebih sering terbang melayang. Sarang berbentuk cangkir dari gumpalan lumpur, dengan terowongan keluar ditempelkan pada langit-langit atau tembok.

Tentang Penulis
Apris Nur Rakhmadani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-09
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *