Lavender

Flora
Lavender
26 April 2016
1309

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

Kandungan Bunga Lavender

Bunga lavender ini tentunnya karena beberapa kandungan zat tertentu didalamnya. Selama ini yang kita ketahui, banga lavender dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Mengapa bisa seperti itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak beberapa kandungan bunga lavender berikut ini :

  • Linalool Asetat
  • Monoterpene Hidrokarbon
  • Camphene
  • Alokasi Ocimene
  • Limonene
  • Geraniol
  • Lavandulol
  • Nerol

Bunga lavender yang masih dalam keadaan segar dan mempunyai kualitas bagus dapat diekstrak supaya minyak atsiri didalamnya bisa diambil. Minyak atsiri yang terkandung dalam bunga lavender ini dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan secara tradisional dan tidak ada resiko atau efek samping penggunaan jika pemakaiannya sesuai aturan yang benar.

Beragam produk yang terbuat dari bunga kering dan minyak essensial tumbuhan bunga lavender ini dapat berupa minyak aroma terapi, gel, ekstrak original, infus, lotion atau hand body, campuran teh herbal, tincture bahkan berupa bunga kering secara utuh. Semua produk yang terbuat dari bunga lavender tersebut pasti mempunyai manfaatnya masing-masing. Untuk mengetahui apa saja manfaat bunga lavender.

 

Tentang Penulis
indra wardani aldyla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-03-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *