Laba-laba pembalut luka pengganti hansplas

Artikel
Laba-laba pembalut luka pengganti hansplas
Satwa
1170
17 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (artrhopoda)  dengan dua segmen tubuhempat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah.

Ordo laba-laba ini selanjutnya terbagi atas tiga golongan besar pada aras subordo, yakni:

  • Mesothelae, yang merupakan laba-laba primitif tak berbisa, dengan ruas-ruas tubuh yang nampak jelas; memperlihatkan hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan leluhurnya yakni artropoda beruas-ruas.
  • Mygalomorphae atau Orthognatha, yalah kelompok laba-laba yang membuat liang persembunyian, dan juga yang membuat lubang jebakan di tanah. Banyak jenisnya yang bertubuh besar, seperti tarantula  dan juga lancah maung.
  • Araneomorphae adalah kelompok laba-laba ‘modern’. Kebanyakan laba-laba yang kita temui termasuk ke dalam subordo ini, mengingat bahwa anggotanya terdiri dari 95 suku dan mencakup kurang lebih 94% dari jumlah spesies laba-laba. Taring dari kelompok ini mengarah agak miring ke depan (dan bukan tegak seperti pada kelompok tarantula) dan digerakkan berlawanan arah seperti capit dalam menggigit mangsanya.

selain itu laba-laba yang berada dirumah ketika bertelur serimg membuat sebuah tempat seperti kepompong yang melekat pada dinding,sarang ini memilki fungsi lainya yaitu bisa dijadikan sebagai pengganti hansaplast atau pembalut luka, dan   dapat juga melengket pada kulit. 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *