Kuskus tutul hitam

Artikel
Kuskus tutul hitam
Satwa
1443
4 Juli 2014
Penulis
Subhan Hadi
74
posting

Kuskus tutul hitam atau Black-spotted Cuscus merupakan kuskus terbesar kedua setelah kuskus beruang sulawesi (Ailurops ursinus). Berat badannya mencapai 6-7 kg dengan panjang tubuh (kepala dan badan) mencapai 60-70 cm. Binatang berkantung ini ditandai dengan corak tutul-tutul hitam di bagian punggung yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan bulunya yang lain berwarna coklat kemerahan dan sedikit bagian putih di sekitar leher.

Kuskus tutul hitam

Moncong kuskus tutul hitam (Spilocuscus rufoniger) pendek dan runcing dengan kepala yang bulat. Daun telinganya sangat kecil bahkan hampir tidak terlihat sedangkan sepasang mata kuskus tutul hitam sangat besar. Sebagaimana hewan marsupial lainnya, kuskus ini memiliki kantung di perutnya.

Kuskus tutul hitam (Spilocuscus rufoniger) merupakan binatang nokturnal atau lebih aktif di malam hari sedang pada siang hari lebih sering menghabiskan waktu dengan meringkuk di cabang-cabang pohon. Juga merupakan hewan arboreal yang lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan hanya sesekali saja turun ke tanah. Sebagaimana berbagai jenis kuskus lainnya yang ‘pemalas’, kuskus tutul hitam pun mempunyai gerakan-gerakan yang lambat.

 

Kukuskus tutul hitam

 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *