Kumbang Elaeidobius

Satwa
Kumbang Elaeidobius
19 Mei 2016
2859
Serangga penyerbuk kelapa sawit E. kamerunicus ini termasuk dalam ordo Coleoptera yang juga disebut dengan kumbang. Kumbang ini memiliki panjang tubuh sekitar 4 mm, dan dengan lebar tubuh sekitar 1,5 mm, adapun warna tubuh serangga tersebut berwarna coklat kehitam-hitaman (Satyawibawa dan Widyastuti, 1992).
 
Tubuh serangga E. kamerunicus memiliki bulu-bulu halus pada bagian punggung membentuk seperti jamur, pada bulu tersebut biji serbuk sari dapat melekat dan ketika ku mbang berpindah ke bunga betina maka proses penyerbukan dapat terjadi, ukuran tubuh jantan lebih besar daripada betina, moncong pada jantan lebih pendek dari betina, dan serangga tersebut aktif antara jam 09.00 sampai jam 11.00 pagi, kelihatan seperti nyamuk yang beterbangan (Lubis dkk, 1989).
 
Tertarik oleh bau tersebut serangga-serangga akan hinggap dan bergerak mengitari bagian-bagian bunga yang mengakibatkan tepung sari melekat dipermukaan badannya. Kemudian serangga tersebut terbang dan hinggap pada bunga lain (bunga jantan atau bunga betina yang mekar). Dengan cara demikian tepung sari disebarkan dari satu bunga ke bunga lain pada saat yang tepat.
 
 

Tentang Penulis
Koko Tampubolon, S.P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-06-24
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *