Kumbang

Satwa
Kumbang
23 Mei 2018
1888

Mungkin ada lebih banyak spesies kumbang di bumi ini dari pada spesies tanaman. Kumbang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan jenis lingkungan yang menjamin eksistensi yang sangat panjang.

Mereka muncul di setiap sudut dunia, disetiap jenis habitat tetapi tidak diketahui terjadi dilautan atau didaerah kutub. Kumbang milik urutan ‘Coleoptera’, diucapkan ‘co-le-op-ter-a’. Ini adalah urutan terbesar dari spesies dalam Kelompok hewan, bahkan lebih besar dari semut! Coleoptera datang dalam segala bentuk, ukuran dan warna. Ada sekitar 350.000 spesies bernama kumbang di dunia dan lebih banyak spesies yang tetap tidak disebutkan namanya dan belum ditemukan. Empat puluh persen dari seluruh spesies serangga adalah kumbang dijelaskan dan spesies baru sering ditemukan. Perkiraan menempatkan jumlah spesies, dijelaskan dan dideskripsikan, di antara 5 dan 8 juta. Tubuh seorang Coleoptera mirip dengan serangga lain dan terdiri dari tiga bagian utama: Kepala, dada dan perut.

Makanan Kumbang

Kumbang berinteraksi dengan ekosistem mereka dalam beberapa cara. Mereka sering makan pada tumbuhan dan jamur, merusak pertahanan binatang dan sisa-sisa tanaman dan makan invertebrata lainnya. Beberapa spesies memangsa berbagai hewan termasuk burung dan mamalia.

Dari mana Kumbang mendapatkan namanya?

Nama ‘Coleoptera’ pertama kali digunakan oleh Aristoteles dalam abad keempat SM, lebih dari 5.000 tahun yang lalu! Itu berasal dari kata Yunani ‘Koleos’ yang berarti selubung (atau perisai), dan ‘ptera’ yang berarti sayap.Nama mengacu pada kumbang mengeras sayap depan, ‘elytra’, yang meliputi sayap belakang dilipat seperti selubung. Serangga dalam urutan ‘Coleoptera’ yang biasa disebut ‘kumbang’. Nama umum ‘kumbang’ berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang lebih tua untuk ‘penggigit sedikit’.jentik dari beberapa spesies Coleoptera disebut belatung, wireworms dan rootworms.

Habitat Kumbang

Kumbang tidak begitu keberatan di mana mereka tinggal – mereka dapat hidup hampir di mana saja. Kumbang dapat ditemukan hampir di semua habitat, namun tidak diketahui terjadi di lautan atau di daerah kutub seperti Kutub Utara dan Antartika.

Mereka berinteraksi dengan ekosistem mereka dalam beberapa cara.Mereka sering makan pada tumbuhan dan jamur, merusak pertahanan binatang dan sisa-sisa tanaman dan makan invertebrata lainnya (hewan tanpa tulang belakang).

Beberapa spesies memangsa berbagai hewan termasuk burung dan mamalia.Jenis tertentu merupakan hama pertanian, seperti kumbang Colorado kentang, kumbang boll, kumbang tepung merah dan kumbang kacang hijau atau kacang tunggak, sementara spesies lain dari kumbang adalah kotrol penting hama pertanian.

Misalnya, kepik mengkonsumsi kutu daun, serangga skala (parasit tanaman), thrips (spesies serangga yang memakan berbagai macam tumbuhan dan hewan dengan menusuk mereka dan menyedot isi) dan serangga penghisap tanaman lainnya yang merusak tanaman.Kumbang dapat ditemukan di banyak tanah dan air tawar habitat.

 

Sumber : http://kliksma.com/2014/08/pengertian-kumbang-coleoptera.html

 

Picture by : Ankardiansyah Pandu Pradana

Tentang Penulis
suriana daengtene

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2019-06-25
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *