Kuau Raja, Kuang

Satwa
Kuau Raja, Kuang
25 November 2015
1569

Kerajaan              : Animalia

Filum                     : Chordata

Kelas                     : Aves

Ordo                      : Galliformes

Famili                    : Phasianidae

Genus                   : Argusianus

Spesies                 : Argusianus argus  

Kuau Raja atau dalam nama ilmiahnya Argusianus argus adalah salah satu burung yang terdapat di dalam suku Phasianidae. Kuau Raja mempunyai bulu berwarna coklat kemerahan dan kulit kepala berwarna biru. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 200 cm. Di atas kepalanya terdapat jambul dan bulu tengkuk berwarna kehitaman. Burung jantan dewasa juga memiliki bulu sayap dan ekor yang sangat panjang, dihiasi dengan bintik-bintik besar menyerupai mata serangga. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, panjangnya sekitar 75 cm, dengan jambul kepala berwarna kecoklatan. Bulu ekor dan sayap betina tidak sepanjang burung jantan, dan hanya dihiasi dengan sedikit bintik-bintik. 

Populasi Kuau Raja tersebar di Asia Tenggara. Spesies ini ditemukan di hutan tropis Sumatra, Borneo dan Semenanjung Malaysia. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu sayap dan ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu sayapnya dibuka membentuk kipas. Biasanya satu ekor jantan memiliki banyak betina atau bersifat poliginy. Selain itu kuau raja bersifat soliter dan menjaga daerah atau territorial kekuasaannya.

Dengan semakin berkurangnya jumlah populasi dari kuau raja maka IUCN Red list menetapkan bahwa Kuau Raja (Argusianus argus ) termasuk kedalam Near Threatened.

Tentang Penulis
Muhammad Abrar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-11-25
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *