kouka

Satwa
kouka
2 Juli 2017
1159

Kuoka (Setonix brachyurus), satu-satunya anggota genus Setonix, kouka adalah seekor makropoda kecil yang berukuran sama seperti seekor kucing peliharaan. Sama seperti hewan-hewan makropoda yang lain, seperti kanguru dan walabi, kuoka juga pemakan tumbuhan dan umumnya akan beraktivitas pada malam.

Kuoka dapat ditemukan di beberapa pulau kecil di lepas pantai Australia Barat, tepatnya di Pulau Rottnest lepas pantai Perth serta Pulau Bald dekat Albany. Sebuah koloni kecil juga terdapat di daratan Australia, tepatnya di kawasan Suaka Alam Two Peoples Bay, bersama-sama dengan Potooro Gilbert yang terancam punah.

Kuokka memiliki berat 2,5 sampai 5 kilogram dan panjangnya 40 sampai 54 sentimeter dengan ekor 25 sampai 30 sentimeter, yang cukup pendek untuk Macropoda. bentuk tibuhnya gempal dengan telinga yang bulat, srrta pendek, kepala lebar. Meski terlihat seperti kanguru kecil, bisa memanjat pohon kecil dan semak belukar. memiliki Bulu yang kasar dan berwarna cokelat hampir pudar.  Setelah berbulan-bulan, kouka betina melahirkan bayi yang disebut joey. Betina bisa melahirkan dua kali setahun. Joey tinggal di kantong ibunya selama enam bulan. Begitu meninggalkan kantong, joey masih bergantung pada ibunya dalam hal susu selama dua bulan berikutnya. Pada usia 1,5 tahun, quokka cukup tua untuk memiliki bayi sendiri.  

Tentang Penulis
rizal sunanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *