Kopi

Artikel
Kopi
Flora
1092
3 Juli 2014
Penulis
widodo setyo
103
posting
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Subdivisio: Angiospermae
Kelas: Dycotiledoneae
Ordo: Rubiales
Famili: Rubiaceae
Genus:Coffea
 
Kopi adalah salah satu jenis tanaman semak yang sudah lama menjadi tanaman perkebunan / industri karena memiliki nilai komersil tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengkonsumsinya mulai dari kalangan atas hingga bawah setelah terlebih dahulu mengolah buahnya menjadi minuman.

 
Penggunaan kopi sebagai bahan makanan berenergi mulai dikenal sekitar 3000 tahun (1000 M ) lalu oleh bangsa Etiopia di benua afrika. Untuk Pemanfaatan kopi sebagai minuman, pertama kali ditemukan oleh bangsa arab Kemudian mengalami perkembangan yang pesat ke seluruh dunia hingga terkenal sampai sekarang sebagai minuman paling popular di dunia.
 
Kata kopi sendiri berasal dari bahasa arab yaitu kahwa ( kekuatan ) dimana awalnya kopi dijadikan sebagai makanan berenergi tinggi. Kemudian berubah menjadi kahve ( dalam bahasa turki, dan akhirnya berubah lagi menjadi koffie ( belanda ).
> Jenis Kopi
 
Secara umum, dikenal dua spesies kopi yaitu kopi arabika yang dikenal sebagai kopi tradisional dengan rasa paling enak dan kopi robusta yang memiliki kandungan kafein paling tinggi.Tanaman kopi juga dapat digolongkan menjadi tiga yaitu :
 
1. Golongan Arabika
Golongan ini adalah yang pertama kali dikembangkan di Indonesia, tanaman kopi golongan ini berasal dari Etiopia dan Albessinia.
 
2. Golongan Liberika.
Berasal dari Angola dan sekitar tahun 1965 masuk ke Indonesia. Kualitas buah dan rendemennya yang rendah, menjadikan jumlah golongan kopi ini masih terbatas diindonesia.
 
3. Golongan Canephora ( varietas robusta)
Robusta berasal dari wilayah kongo dan sekitar tahun 1900 masuk keindonesia.. Kualitas buah yang unggul menjadikan golongan ini berkembang sangat cepat dan menjadi jenis kopi yang mendominasi perkebunan kopi di indonesia.
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *