kepudang kuduk hitam

Satwa
kepudang kuduk hitam
17 Oktober 2014
1624

Agak besar (26 cm.), berwarna hitam dan kuning dengan setrip hitam melewati mata dan tengkuk; bulu terbang sebagian besar hitam. Pada burung jantan bagian lainnya berwarna kuning-terang; sedang pada burung betina berwarna lebih buram dengan punggung kuning-zaitun. Pada burung remaja, bagian yang berwarna hitam masih berwarna warna zaitun; tubuh bagian bawah keputih-putihan dengan burik hitam.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Umum terdapat sampai ketinggian 1.600 mdpl. Menghuni hutan terbuka, perkebunan, taman, desa-desa, hutan mangrove, dan hutan pantai. Hidup berpasangan atau berkelompok keluarga. Tinggal di atas pohon, tetapi dapat turun ke bawah untuk mencari serangga. Kepakan sayapnya kuat, perlahan, mencolok, dan terbangnya menggelombang.

Burung omnivor, terutama memakan buah beringin, serta beberapa jenis buah lainnya. Juga memakan serangga, hewan-hewan kecil dan anakan.
Sarang berbentuk cangkir, tersusun dari ranting kecil, rumput dan akar-akaran. Jumlah telur 2-3 butir berwarna putih-kebiruan berbercak coklat, dierami selama 14 hari.

Tentang Penulis
haris husein

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2019-08-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *