Kenapa Bunga WIjaya Kusuma Mekar Malam Hari?

Kenapa Bunga WIjaya Kusuma Mekar Malam Hari?
21 Mei 2017
7725

Tak kalah terang dengan sinar rembulan, bunga dengan mahkota lebar berwarna putih ini mekar dalam gelapnya malam. Dikenal dengan nama bunga wijaya kusuma, Epiphyllum anguliger sarat dengan mitos dan cerita mistis karena mekar di malam hari. Padahal sebenarnya waktu mekar bunga ini terkait dengan warna mahkotanya.

Jenis bunga berwarna putih seperti sedap malam, bunga buah naga, terulak, ataupun wijaya kusuma biasanya akan mekar pada malam hari sekitar pukul 20.00-00.00, dimana hewan penyerbuk aktif mencari makan. Kelelawar dan ngengat menjadi hewan utama yang membantu penyerbukan mereka.

Selain mekar di malam hari, bunga wijaya kusuma juga menjadi bunga istimewa bagi kalangan keraton Surakarta dan Yogyakarta. Bunga ini dipercaya sebagai senjata andalan Batara Kresna dan merupakan pusaka keraton Dwarawati sebagai titisan Dewa Wisnu. Dibalik keunikannya, sayangnya wijaya kusuma tidak mudah berbunga. Tanaman yang termasuk dalam famili Cactaceae (kaktus) ini membutuhkan perawatan ekstra dan ketelatenan dalam budidayanya.

Sumber :
https://alamendah.org/2014/07/20/bunga-wijayakusuma-kembang-malam-misterius/
https://health.detik.com/read/2010/03/12/162725/1317309/769/herbal-bunga-wijayakusuma
https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_Wijayakusuma
viva.co.id

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *