Kelomang Darat/Kepiting Pertapa/Kepiting Hermit

Satwa
Kelomang Darat/Kepiting Pertapa/Kepiting Hermit
13 Juni 2015
3241

Kelomang dilahirkan telanjang tanpa cangkang. Dia adalah kepiting Anomura yang hanya memiliki tiga pasang kaki jalan. Sungut pendek atau antenula, terletak diantara matanya, yang digunakan untuk menangkap bau dan mencari makanan. Sedangkan sungut panjangnya atau antena, terletak diluar matanya, yang berfungsi sebagai penyentuh benda. Saat diangkat dari atas tanah, dia sering berontak, bahkan terkadang bisa melompat keluar dari cangkangnya.

Sumber gambar: http://www.zoochat.com/755/land-hermit-crab-coenobita-sp-species-354756/

Kelomang akan berganti cangkang seiring dengan perkembangan tubuhnya. Dia mencari cangkang baru untuk menggantikan cangkang lamanya di pesisir pantai sekitar mangrove. Dia akan melepaskan cangkang lamanya dan berjalan mundur sambil menyembunyikan karapasnya yang lunak.Di alam, dia akan menggunakan apa saja untuk mengganti cangkangnya, bila dirasakan sudah sempit. Jika tidak segera menemukan cangkang, dia bisa memakai cangkang apa saja seperti bohlam lampu bekas.

Kepiting Hermit sangat pemilih dalam menentukan cangkangnya. Dia bisa menghabiskan waktu hingga lebih dari dua jam, hanya untuk melihat-lihat cangkang barunya.Dengan menyentuh menggunakan kaki dan antenanya, dia akan berpindah tempat ke cangkang barunya. Dia harus memastikan, kalau cangkang barunya, kualitasnya jauh lebih baik daripada cangkang lamanya.

Sumber

https://en.wikipedia.org/wiki/Coenobita

http://mangrovemagz.com/index.php/mangrove/pengetahuan/75-ini-dia-sembilan-spesies-binatang-mangrove-jepara

Tentang Penulis
Syamsul Anwar Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *