Kelapa Sawit

Flora
Kelapa Sawit
3 May 2015
2488

Kelapa sawit atau Elaeis Guineensis Jacq adalah tumbuhan industri yang akan segudang manfaat dan sedang mengalami puncak teratas dikarenakan mampu menambah pendapatan negara dari hasil produk ekspornya.

Kelapa sawit dapat hidup diseluruh Indonesia,Karena Indonesia memiliki iklim tropis yang sesuai dengan tempat hidup kelapa sawit.kelapa sawit memiliki 3 jenis yaitu dura,pesifera tenera.Dura merupakan sawit yang buahnya memiliki cangkang tebal sehingga dianggap memperpendek umur mesin pengolah namun biasanya tandan buahnya besar-besar dan kandungan minyak per tandannya berkisar 18%. Pisifera buahnya tidak memiliki cangkang, sehingga tidak memiliki inti (kernel) yang menghasilkan minyak ekonomis dan bunga betinanya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah. Tenera adalah persilangan antara induk Dura dan jantan Pisifera. Jenis ini dianggap bibit unggul sebab melengkapi kekurangan masing-masing induk dengan sifat cangkang buah tipis namun bunga betinanya tetap fertil. Beberapa tenera unggul memiliki persentase daging per buahnya mencapai 90% dan kandungan minyak per tandannya dapat mencapai 28%. (Wikipedia,2015)

 

 

 

Kelapa sawit memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai sumber provitamin A,Sebagai energi bio massa dari limbahnya,sebagai bahan baku bioavtur menggunakan cponya dan sebagai bahan baku dari industri kosmetik dan bahan kimia serta bahan bahan baku biodiesel dalam pengganti solar.

 

www.wikipedia.com

About Author
M Alhafiz Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2015-05-03
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *