Kecibeling atau Keji Beling

Artikel
Kecibeling atau Keji Beling
Flora
2906
7 Januari 2015
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi           : Magnoliophyta
Kelas           : Magnoliopsida
Sub Kelas     : Asteridae
Ordo            : Scrophulariales
Famili           : Acanthaceae
Genus          : Strobilanthes
Spesies        : Strobilanthes crispus

Deskripsi

Keji beling adalah tumbuhan semak yang tingginya mencapai 1-2 m. Batangnya beruas, bentuknya bulat, berambut kasar, dan warnanya hijau. Percabangannya yang menyentuh tanah dan keluar dari akar sehingga bisa dipisahkan dari tanaman induk. Sementara itu, daunnya tunggal, bertangkai pendek, dengan duduk daun yang berhadapan. Helaian daunnya lanset, memanjang atau hampir jorong, tepinya bergerigi, dengan ujung dan pangkalnya yang meruncing, kedua permukaanya kasar. Pertulangan daunnya menyirip dan berwarna hijau. Akarnya tunggang dan berwarna coklat muda.

Perbungaannya majemuk dan berkumpul pada bulir padat. Mahkota bunga berbentuk corong, terbagi lima, berambut, dan berwarna kuning atau ungu. Benang sarinya berjumlah empat, berwarna putih, dan kuning. Buahnya berbentuk gelondong, dan berisi 2-4 biji. Bijinya bulat, pipih, kecil-kecil, dan berwarna coklat.

Khasiat

Keji Beling (Strobilanthes crispus) mengandung zat kimia yang baik bagi kesehatan antara lain kalium, natrium, kalsium, asam silikat, alkaloida, saponin, flavonoida dan polilenoi. Manfaat Keji Beling antara lain mengobati kencing batu, obat sembelit, mengobati kencing manis, mengobati diabetes mellitus.

1. Mengobati kencing batu

    Bahan: Daun Keji beling 1 gram; 
                 Daun tembuyung 10 gram; 
    Caranya: Cuci semua bahan sampai bersih. Kemudian rebuslah dengan menggunakan 100 ml air. Minumlah sehari sekali sebanyak 1/4 gelas secara teratur.

2. Mengobati kencing manis

    Bahan: Segenggam daun keji beling
    Caranya: Rebuslah daun keji beling dengan 5 gelas air. Biarkan sampai airnya tinggal separuhnya. Biarkan dingin dan diminum 3 kali sehari satu gelas.

3. Mengobati batu ginjal

    Bahan: Daun keji Beling 
                Meniran segar
                Daun ungu 
    Caranya: Rebuslah semua bahan tersebut dengan 5 gelas air dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. Biarkan hingga dingin dan saring hingga tak ada ampasnya. Minumlah 3 kali sehari 1/2 gelas setiapkali minum.

4. Obat sembelit

    Bahan: Daun keji beling segar 1/2 genggam
    Caranya: Cucilah terlebih dahulu daun keji beling sampai bersih. Kemudian rebuslah dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tinggal setengahnya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin. 

5. Mengobati diabetes mellitus

    Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 4 lembar
    Caranya: Daun keji beling dicuci bersih dan dimakan mentah mentah dijadikan sebagai lalapan. Lakukan secara sering dan teratur

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kecibeling

http://manfaatdaunku.blogspot.com/2014/02/manfaat-keji-beling-bagi-kesehatan.html

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *