Keben, buton

Artikel
Keben, buton
Flora
2704
6 Oktober 2014
Penulis
Rio Ardi
10
posting

Barringtonia asiatica

Family : Lecythidaceae

Nama Lokal: Keben  pohon ini juga dikenal dengan pohon perdamaian Pohon Perdamaian demikian orang menyebutnya oleh karena tahun 1986 pada acara Hari Lingkungan Hidup taman ini mendapat kehormatan serta dinobatkan sebagai Pohon Perdamaian.

Daunnya dengan bentuk bulat telur terbalik. berdaun tunggal , tepi daun rata dan permukaan daun mengkilat. sekilas Jenis pohon ini seringkali dikelirukan dengan Terminalia catappa atau Fagraea crenulata. Meskipun demikian, B.asiatica memiliki daun yang lebih berdaging, lebih mengkilat dan ujung yang lebih runcing dibandingkan dengan T.catappa. F. crenulata memiliki daun yang tumbuh berpasangan serta memiliki duri di sepanjang batangnya.

Barringtonia asiatica mempunyai bunga tandan tumbuh beraturan, bertangkai panjang, jumlah bunga antara 4 – 20. Daun mahkota bunganya berbentuk oval lebar berjumlah empat berwarna putih, jumlah benangsari yang banyak dan panjang serta ujung tangkai putiknya yang berwarna merah membuat bunga ini kontras dan cantik. sayang pada saat foto ini diambil benang sarinya sudah gugur.

Barringtonia asiatica mempunyai buah yang antik berbentuk piramida yang lebar dan beruang empat, dinding buah tebal, berserabut seperti kayu, berwarna hijau bila buah muda serta berubah coklat setelah buah tua. menurut penelitian buah pohon ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai sumber insektisida baru.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *