Kayu semilit / Osbornia octodonta

Flora
Kayu semilit / Osbornia octodonta
13 Juli 2016
1936

Kayu semilit / Osbornia octodonta

Deskripsi:

Berupa pohon atau belukar dengan ketinggian dapat mencapai 7 meter, selalu hijau, tangkai/dahannya tunggal atau berjumlah banyak. Kadang-kadang memiliki akar nafas. Kulit kayu berwarna coklat atau abu-abu, berserat dan berserabut. Ranting halus berwarna abu-abu pucat dan berbentuk segi empat pada saat muda. Individu yang lebih besar memiliki batang yang berlubang di tengahnya. Daun berkulit tipis, menimbulkan aroma pada saat disentuh. Unit & Letak: sederhana, bersilangan. Bentuk: bulat telur terbalik. Ujung: membundar.Bunga biseksual. Dalam satu tandan terdapat 1-3 bunga yang bergerombol, bunga tidak bertangkai tapi langsung menempel pada tandan. Letak: di ketiak daun. Formasi: kelompok. Daun mahkota: Tidak ada.  Bunga diserbuki oleh serangga. Buah disebarkan lewat air dan terapung di air karena adanya rambut-rambut yang dapat memerangkap udara. Buah ditutupi oleh cuping kelopak bunga dan kelopak tidak membuka pada saat telah matang. Biji berjumlah 1-2, berbentuk datar dan bulat telur terbalik.

Habitat:

Tumbuh di tempat yang lebih terbuka pada tepi daratan di daerah mangrove atau pada pinggiran alur air yang dipengaruhi oleh pasang surut. Tidak memiliki ketergantungan khusus terhadap substrat tumbuh, dan dapat ditemukan pada lumpur halus, batuan, dan pasir. Meskipun demikian, jenis tumbuhan ini tidak ditemukan tumbuh pada daerah yang kerap tergenang oleh air tawar. Bunga diserbuki oleh serangga. Buah disebarkan lewat air dan terapung di air karena adanya rambutrambut yang dapat memerangkap udara.

Penyebaran:

Di Indonesia (Irian Jaya, Sulawesi, Jawa Timur, Kepulauan Sunda Kecil), Kalimantan Utara, Filipina, Papua New Guinea, Australia Tropis

Kegunaan:

Para nelayan menggunakan daunnya untuk mengusir serangga. Kulit kayu kadangkadang digunakan untuk menambal perahu dan kayunya tahan lama.

Sumber: http://wetlands.or.id/

Tentang Penulis
Jihan Fahira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *