kayu hitam

Artikel
kayu hitam
Flora
3785
21 Desember 2014
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Diospyros celebica,
Siapa yang tidak kenal jenis kayu/pohon khas Sulawesi ini. barangkali bagi sahabat-sahabat warrior dari Sulawesi, ini merupakan khas andalan biodiversitas mereka kalau berbicara dari dendrologinya.
Jenis pohon ini merupakan Eboni yang merupakan khas kayu hitam dari Sulawesi.

Nama ilmiahnya adalah Diospyros celebica, yakni diturunkan dari kata “celebes”  Sulawesi dan merupakan  tumbuhan endemik daerah itu.

Deskripsi :

batang lurus dan tegak dengan tinggi sampai dengan 40 m. Diameter batang bagian bawah dapat mencapai 1 m, sering dengan   banir  (akar papan) besar. Kulit batangnya beralur, mengelupas kecil-kecil dan berwarna coklat hitam.  pepagannya berwarna coklat muda dan di bagian dalamnya berwarna putih kekuning-kuningan.

daun tunggal, tersusun berseling, berbentuk jorong memanjang, dengan ujung meruncing, permukaan atasnya mengkilap, seperti kulit dan berwarna hijau tua, permukaan bawahnya berbulu dan berwarna hijau abu-abu.

MENGAPA LANGKA?

Karena perkembangan  populasi yang lambat dan karena tingginya tingkat eksploitasi di alam, kini kayu hitam sulawesi telah terancam kepunahan. Ekspor kayu ini mencapai puncaknya pada tahun 1973 dengan jumlah sekitar 26,000 m3, dan kemudian pada tahun-tahun berikutnya terus menurun karena kekurangan stok di alam.

Untuk melindunginya, kini   IUCN menetapkan statusnya sebagai rentan (vulnerable ) dan   CITES memasukkannya ke dalam Apendiks 2

 

.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *