Kantong Semar

Flora
Kantong Semar
26 April 2016
1599

Halo sahabat Warriors, kita semua pasti mengenal tanaman yang satu ini bukan? 

Kantong semar atau dalam bahasa latinnya Nepenthes spp (bahasa Inggris disebut Tropical pitcher plant) adalah tanaman yang termasuk dalam family monotipik. Tanaman yang terdiri atas sedikitnya 103 spesies ini mempunyai keunikan karena hampir seluruhnya merupakan tanaman karnivora / pemakan daging. Selain sebagai karnivora, kantong semar juga memiliki keunikan pada bentuk, ukuran, dan corak warna kantongnya. 

 (sumber: galeri pribadi)

klasifikasi lengkap Nepenthes spp adalah sebagai berikut: Divisi : Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Subclass: Dilleniidae; Ordo: Nepenthales; Family: Nepenthaceae; Genus: Nepenthes

Dengan keunikan dan keindahannya, banyak orang yang ingin memeliharanya sehingga tanaman ini banyak diperjualbelikan, baik dari hasil penangkaran ataupun yang diambil secara langsung dari alam. Hal tersebut amatlah memprihatinkan mengingat habitat asli dari kantong semar terancam oleh kebakaran, pembalakan, pembukaan lahan hutan, dan konversi lahan sebagai pemukiman. Eksploitasi kantong semar dari alam untuk keperluan ekonomi semata dan degradasi hutan yang mengancam habitat alami, memperburuk keberadaan dari kantong semar di alam. Kantong semar terhitung sebagai tumbuhan yang langka dan mendekati kepunahan. Apalagi LIPI menginformasikan, sebagian spesies tanaman ini sebagai tanaman sangat langka di Indonesia. Oleh sebab itu tanaman ini dilindungi menurut Undang-undang No. 5 Th. 1990 perihal Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya. Juga ketentuan Pemerintah Nomer 7 Th. 1999 perihal Pengawetan Type Tumbuhan dan Juga Satwa. 

(Sumber: galeri pribadi)

(Sumber:galeri pribadi)

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *